“PENGARUH ELEMEN-ELEMEN BAURAN RITEL (RETAIL MIX)TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GARDENA DEPARTMENT STORE & SUPERMARKET YOGYAKARTA”

11084668, YUSIANA DIAH PRASTIWI (2012) “PENGARUH ELEMEN-ELEMEN BAURAN RITEL (RETAIL MIX)TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN GARDENA DEPARTMENT STORE & SUPERMARKET YOGYAKARTA”. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11084668_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11084668_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam telaah ritel dikenal istilah bauranritel (retail mix). Bauran ritel (retail mix) adalah kombinasi elemen-elemen produk, harga, lokasi, personalia, promosi, dan presentasi atau tampilan –untuk menjual barang dan jasa pada konsumen akhir yang menjadi pasar sasaran .Bauran ritel(retail mix) mempunyai peran yang cukup penting dalam perkembangan suatu bisnis ritel. Pada era sekarang ini ,bisnis ritel di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Hal tersebut nampak dari banyaknya bisnis ritel yang dapat ditemui di berbagai tempat.Bisnis ritel di Indonesia berkembang dari bisnis ritel tradisional menjadi bisnis ritel modern berupa supermarket dan department store. Seiring dengan perkembangan bisnis ritel tersebut, mengakibatkan persaingan di dunia bisnis ritel juga menjadi semakin ketat.Sehingga setiap peritel harus berlomba untu kdapat menarik konsumen, salah satunya dengan memberikan nilai dan kepuasan kepada konsumen melalui penyampaian produk dan jasa denga nharga bersaing.Atas dasar tersebut, maka dilakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Elemen-elemen Bauran Ritel (Retail Mix) Terhadap Kepuasan Konsumen Gardena Department Store & Supermarket Yogyakarta”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara elemen-elemen bauran ritel (retail mix) yang meliputi produk harga, lokasi, personalia, promosi, dan presentasi terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum kota Yogyakarta yang pernah berbelanja di Gardena Department Store & Supermarket Yogyakarta.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan metode penentuan sampel “Simple Random Sampling”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.Untuk mengetahui identitas responden yang telah menjadi konsumen Gardena Department Store & Supermarket Yogyakarta digunakan analisis deskriptif. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan melakukan uji signifikansi dengan ujit (uji parsial), uji F (uji simultan), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial elemen produk dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Gardena Department Store & Supermarket Yogyakarta, sedangkan elemen harga, personalia, promosi, dan presentasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Gardena Department Store & Supermarket Yogyakarta. Dan secara simultan elemen produk, harga, lokasi, personalia, promosi, dan presentasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Gardena Department Store & Supermarket Yogyakarta. Dari perhitungan uji F diperoleh Fhitung=9,752 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, nilai adjusted R2 sebesar 0,347 yang artinya bahwa 34,7% variasi variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel independen yang meliputi produk, harga, lokasi, personalia, promosi, dan presentasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bauran Ritel,Retail Mix, Kepuasan Konsumen
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > HD Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh > HD28 Manajemen. Manajemen Industri
H Ilmu Sosial > HF Perdagangan
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:40
Last Modified: 15 Sep 2020 03:40
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3856

Actions (login required)

View Item View Item