ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN TIDAK TERENCANA KONSUMEN DI GALERIA MALL YOGYAKARTA

11084658, NOVIANIK KUSUMA (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN TIDAK TERENCANA KONSUMEN DI GALERIA MALL YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11084658_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11084658_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian tidak terencana konsumen di Galeria Mall Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan dipilih dengan purposive sampling dengan kriteria masyarakat yang pernah mengunjungi dan melakukan transaksi di Galeria Mall. Jumlah sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 100 orang. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat tiga hipotesis yang didapat yaitu: pertama, diduga faktor lingkungan belanja berpegaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana konsumen (impulsive buying) di Galeria Mall; kedua, diduga faktor konsumen yang menitik beratkan kepada komponen perilaku afektif berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana konsumen (impulsive buying) di Galeria Mall; ketiga, diduga faktor lingkungan berbelanja dan faktor individu berpengaruh secara simultan terhadap pembelian tidak terencana (impulsive buying) di Galeria Mall. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis statistik regresi linear berganda. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kedua faktorfaktor yang mempengaruhi pembelian tidak terencana (impulsive buying) berpengaruh signifikan yakni faktor lingkungan belanja (objek fisik, hubungan ruang, perilaku social dari orang lain) dan faktor individu konsumen (pleasure, arousal, dominance). Akan tetapi faktor individu konsumen lebih mendukung perilaku konsumen dalam melakukan pembelian tidak terencana dibandingkan faktor lingkungan berbelanja. Dapat disimpulkan bahwa kedua faktor tersebut mempengaruhi konsumen, walaupun faktor individu konsumen yang lebih mempengaruhi dalam melakukan transaksi pembelian secara tidak terencana (impulsive buying) di Galeria Mall Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: lingkungan, individu, belanja, pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:39
Last Modified: 15 Sep 2020 03:39
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item