IMPLEMENTASI ALGORITMA A* PADA PENCARIAN SOLUSI PERMAINAN TETRAVEX

22063990, STEFFI FENGGALIA KURNIAWAN (2011) IMPLEMENTASI ALGORITMA A* PADA PENCARIAN SOLUSI PERMAINAN TETRAVEX. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22063990_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22063990_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Game tetravex puzzle adalah suatu permainan yang terdiri dari kotak-kotak (vex). Di setiap kotaknya terdiri dari empat angka. Hal ini yang menyebabkan permainan ini disebut tetravex (tetra = empat). Puzzle ini terdiri dari n x n buah kotak yang harus disusun sedemikian hingga angka-angka yang terdapat pada sisi kotak yang bersentuhan adalah angka yang sama. Algoritma A* bekerja dengan membuang langkah-langkah yang tidak perlu dengan pertimbangan bahwa langkah-langkah yang dibuang pasti tidak akan mencapai solusi yang diinginkan. Algoritma ini menggunakan metode Manhattan Distance dalam mencari nilai heuristic. Metode ini dipakai untuk menyesuaikan salah satu aturan pemainan yang ada dalam permainan Tetravex Puzzle. Melalui tugas akhir ini diharapkan, dengan menerapkan algoritma A* dapat mendapatkan solusi yang tepat untuk mengantarkan vex ke posisi yang tepat.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms maria sema
Date Deposited: 22 Sep 2020 06:37
Last Modified: 22 Sep 2020 06:37
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item View Item