PENGUJIAN PORTAL WEBSITE DUTATANI MENGGUNAKAN WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

71130114, Mikhael Meier (2019) PENGUJIAN PORTAL WEBSITE DUTATANI MENGGUNAKAN WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71130114_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (571kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71130114_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi informasi semakin berkembang dari setiap tahun. Perkembangan teknologi informasi dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Penyebaran informasi yang semakin cepat dan mudah menandakan bahwa perkembangan teknologi informasi semakin meluas mencakup berbagai bidang termasuk dalam bidang pertanian. Penelitian uji usabilitas menggunakan prototipe website Dutatani. Uji usabilitas terhadap sistem ini, menggunakan dua pendekatan yaitu Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Tujuan uji usabilitas ini adalah untuk mengetahui kualitas prototipe website Dutatani menurut persepsi pengguna. Pendekatan Webqual merupakan sarana untuk mendapatkan data-data mentah kemudian diolah dengan Importance Performance Analysis yang akan menghasilkan sebuah prioritas dalam proses perbaikan prototipe sistem. Uji usabilitas terhadap prototipe website Dutatani ini melibatkan 48 responden petani dan 3 responden admin sistem. Hasil dari uji usabilitas ini adalah 1). Nilai kesenjangan rata-rata mencapai -0,41% yang berarti bila dimasukan kedalam grafik Importance Performance Matrix akan berada pada kuadran III, 2). Dalam pengujian waktu rata-rata kegagalannya mencapai 69,88%, 3). Berdasarkan hasil uji usabilitas dilakukan perbaikan pada halaman “Forum Diskusi”, dan “Tentang Kami”. Untuk perbaikan lainnya tombol-tombol yang penting diberikan icon yang sesuai dengan fungsinya dengan maksud agar para user dapat dengan mudah berinteraksi dengan website Dutatani.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Webqual, Importance Performance Analysis, Website, Dutatani, Harapan (Importance), Kinerja (Performance)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms Dominggas Yembise - Keluar
Date Deposited: 19 Feb 2020 02:39
Last Modified: 23 Jun 2021 02:09
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item