ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN THE WESTLAKE RESTO

11094819, YOSAFAT THEO SADEWA (2013) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN THE WESTLAKE RESTO. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11094819_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11094819_Bab2-sd-Bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil konsumen rumah makan The Westlake Resto, tingkat kepuasan konsumen atas produk dan layanan yang diberikan dan untuk mengetahui secara spesifik atribut-atribut yang memberikan kepuasan kepada konsumen. Serta menguji ada atau tidaknya perbedaan kepuasan konsumen di rumah makan The Westlake Resto, ditinjau dari status konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah mengunjungi dan menikmati layanan serta produk rumah makan The Westlake resto. Jenis data yang digunakan adalah jenis data primer dan sekunder, pengumpulan data dengan metode Interview, metode kuisioner, dan metode observasi Sedangkan konsumen yang menjadi sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang dengan metode pengumpulan sampel yaitu Accidental Sampling. Atribut yang diteliti yaitu, produk, harga, pelayanan, fasilitas dan tempat/lokasi. Pengujian data untuk pengujian instrument yang terdiri dari analisis validitas dan reliabilitas. Untuk metode analisis data, memakai alat analisis Preferensi/ perangkingan atribut, Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) serta Diagram Cartesius. Hipotesis yang diajukan penulis adalah, konsumen merasa puas terhadap atribut-atribut yang ditawarkan oleh rumah makan The Westlake Resto, Atribut yang memuaskan konsumen adalah atribut produk, harga, tempat, fasilitas,dan pelayanan serta tidak ada perbedaan sikap konsumen terhadap rumah makan The Westlake Resto berdasarkan status konsumen. Berdasarkan analisis preferensi atribut kepentingan (IM) yang memiliki nilai rata-rata tertinggi adalah atribut pelayanan (sangat penting), kemudian produk (sangat penting), atribut fasilitas (sangat penting), lalu atribut tempat (sangat penting) dan yang terendah adalah atribut harga (penting). Sedangkan atribut kinerja (PP) nilai rata-rata tertinggi yaitu, atribut fasilitas (memuaskan), tempat (memuaskan), pelayanan (memuaskan), produk (memuaskan) dan yang terakhir adalah atribut harga (memuaskan). Hasil analisis diagram Cartesius menyatakan bahwa pada kuadran A terdapat item atribut fasilitas hiburan/bermain yang masuk pada kuadran ini. Pada kuadran B yaitu, variasi produk, higienisitas produk, kecepatan pelayanan, keramahan karyawan, pelayanan keluhan konsumen, fasilitas toilet yang bersih & memadai, fasilitas parkir, dan suasana rumah makan. Sedang di kuadran C terdapat item atribut keunikan cita rasa, kesesuaian rasa dengan fasilitas, harga bersaing, kemudahan akses ke lokasi dan item atribut lokasi strategis. Kuadran D yaitu, cita rasa sesuai kebutuhan konsumen dan item atribut keterjangkauan harga produk. Berdasarkan skor Indeks Kepuasan Konsumen total sebesar 248,8 berada pada kualifikasi memuaskan. Sedangkan hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi terhadap Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) berdasarkan status konsumen (X2 hitung sebesar 0,86 ≥ 0,05 (α 5%)) pada rumah makan The Westlake Resto.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Produk (Product), Harga (Price), Pelayanan (Service), Fasilitas (Fasilities), Tempat (Place)
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
H Ilmu Sosial > HD Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh > HD28 Manajemen. Manajemen Industri
H Ilmu Sosial > HD Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh > HD61 Manajemen Resiko
H Ilmu Sosial > HF Perdagangan
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: ms Dominggas Yembise
Date Deposited: 10 Sep 2020 03:40
Last Modified: 10 Sep 2020 03:40
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item