SARANA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI UNTUK ANAK DENGAN METODE NVC

24080093, IVAN KURNIAWAN (2014) SARANA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI UNTUK ANAK DENGAN METODE NVC. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Desain Produk)
24080093_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Desain Produk)
24080093_Bab2-sd-Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai mahluk sosial manusia adalah makhluk yang akan selalu bergaul dan berkumpul dengan manusia lainnya. Manusia akan berusaha menjadi makhluk yang bermasyarakat. Perkembangan sosial manusia sendiri dimulai dari masa bayinya., dimana mereka akan mempelajari kehidupan sosialnya dari lingkungan keluarganya terlebih dahulu sebelum pada akhirnya mereka akan ber-sosial dengan lingkungan barunya. Keluarga memiliki peran penting dalam kemampuan sosial anak, karena 75% perkembangan kehidupan sosial anak dipengaruhi oleh pola asuh keluarga. Seorang anak yang sudah memasuki usia sekolah dasar dianggap sudah memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dengan lingkungan barunya diluar rumah. Sehingga kerap kali anak yang sudah memasuki usia operasional konkrit (6th -12th), akan cenderung lebih aktif bersama dengan teman-teman satu grupnya. Kegagalan menjalin hubungan komunikasi diusia ini akan berdampak negative bagi anak. SD Budya Wacana Yogyakarta, mengajarkan keterampilan berkomunikasi dalam pelajaran character building. Character building sendiri mengajarkan anak untuk mengenal dirinya, temannya, serta bagaimana mereka dapat menjalin komunikasi dengan baik dan benar. Namun masih saja ditemukan banyak kasus tentang kegagalan berkomunikasi diantara anak dan teman-teman satu grupnya. Kegagalan berkomunikasi tersebut kerap kali ditemukan dalam bentuk bullying yang dilakukan beberapa teman terhadap 1(satu) korban yang dianggap berbeda dari teman-teman grup nya. Bullying sendiri memiliki dampak negative yang cukup membahayakan bagi korban, pelaku, maupun bystander. Maka untuk itu masih diperlukan sebuah sarana pembelajaran komunikasi yang dapat mengajarkan bagaimana cara berkomunikasi, dengan metode yang memudahkan anak untuk memahaminya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci tidak tersedia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Desain Produk
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:34
Last Modified: 02 Sep 2020 02:34
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3646

Actions (login required)

View Item View Item