PENDIDIKAN KRISTIANI MULTIKULTURAL UNTUK ANAK DI GEREJA-GEREJA KRISTEN JAWA

50090248, ELIA DWI PRASETYO (2013) PENDIDIKAN KRISTIANI MULTIKULTURAL UNTUK ANAK DI GEREJA-GEREJA KRISTEN JAWA. Thesis (S2) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Tesis Ilmu Teologi)
50090248_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (472kB)
[img] Text (Tesis Ilmu Teologi)
50090248_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy

Abstract

Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa konteks masyarakat dan bangsa Indonesia adalah majemuk dalam berbagai aspek, salah satunya keanekaragaman agama. Keanekaragaman ini sering menjadi pemicu terjadinya konflik antar kelompok. Tidak mengejutkan jika agama-agama yang hidup di tengah masyarakat dituding memiliki andil atas berbagai konflik sosial, sebab klaim-klaim kebenaran dan superioritas biasanya lahir dari komunitas agama. Klaim superioritas ini biasanya diwariskan melalui proses pendidikan. Tesis ini mencoba melihat secara kritis salah satu pendekatan terhadap konteks kemajemukan, yaitu multikulturalisme. Multikulturalisme, selain sebagai suatu ide/wacana, adalah juga gerakan untuk menerima, menghargai, dan menempatkan kelompok-kelompok yang berbeda dalam relasi yang sederajat. Kesederajatan merupakan aspek yang menjadi penekanan. Melalui multikulturalisme ini, penulis melihat implikasinya bagi kehidupan bergereja, khususnya Gereja-Gereja Kristen Jawa (GKJ). Implikasi pertama berkenaan dengan paradigma berteologi. Sejauh mana GKJ menyikapi perbedaan agama yang ada, dan bagaimana menerima serta menghargai agama-agama lain sebagai entitas yang sederajat? Implikasi berikutnya ada dalam praksis Pendidikan Kristiani khususnya untuk anak. Sejauh mana kurikulum Pendidikan Kristiani mengangkat wacana multikulturalisme, dalam rangka menanamkan suatu pola pikir dan sikap kepada anak-anak berkenaan dengan keberadaan agama-agama lain. Pada bagian ini penulis menyoroti aspek kurikulum, di mana kurikulum Pendidikan Kristiani untuk anak perlu direkonstruksi, guna memberi tempat bagi masuknya wacana multikulturalisme. Usulan yang ada dalam tesis ini pada dasarnya berada pada tataran konseptual, dasar-dasar pemikiran dalam menyusun suatu Pendidikan Kristiani Multikultural untuk anak, jadi belum sampai kepada penulisan kurikulum tertulis/tercetak

Item Type: Student paper (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kristiani, Anak
Subjects: B Filsafat. Psikologi. Agama > Kekristenan
B Filsafat. Psikologi. Agama > Teologi Praktis > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Teologi > Magister Filsafat Keilahian
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:49
Last Modified: 10 Mar 2021 02:49
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3550

Actions (login required)

View Item View Item