PENGELOMPOKAN MAHASISWA SISTEM INFORMASI BERDASARKAN TINGKAT KOMPETENSI AKADEMIK DENGAN METODE FUZZY K-MEANS

23080331, LUSIA FEBRIANI (2012) PENGELOMPOKAN MAHASISWA SISTEM INFORMASI BERDASARKAN TINGKAT KOMPETENSI AKADEMIK DENGAN METODE FUZZY K-MEANS. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23080331_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23080331_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada akhir semester setiap Universitas Kristen Duta Wacana akan memberikan Kartu Hasil Studi(KHS) untuk memperlihatkan tingkat kemampuan akademik mahasiswa berdasarkan nilai yang dicapai oleh setiap mahasiswa dalam bentuk huruf. Ketua program studi (kaprodi) juga melakukan evaluasi untuk setiap mata kuliah untuk seluruh mahasiswa. Evaluasi ini juga bertujuan sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan jadwal mata kuliah untuk semester berikutnya dengan melihat distribusi nilai untuk tiap mata kuliah yang ada. Untuk dapat melihat tingkat kemampuan akademik dari keseluruhan mahasiswa diperlukan nilai dari mata kuliah tertentu dari seluruh mahasiswa sementara KHS hanya dapat memperlihatkan nilai untuk setiap mata kuliah tiap semester dari setiap mahasiswa. Dosen juga hanya dapat melihat tingkat kemampuan akademik mahasiswa untuk mata kuliah tertentu saja khususnya hanya mata kuliah yang diajarkan saja dengan melihat distribusi jumlah mahasiswa untuk setiap nilai. Untuk itu diperlukan sebuah sistem untuk dapat melihat tingkat kemampuan akademik mahasiswa sesuai dengan parameter yang diinginkan dan yang ingin dilihat. Dengan demikian maka dosen dapat melihat tingkat kemampuan mahasiswa sesuai dengan parameter yang diinginkan untuk dapat melakukan evaluasi dengan lebih spesifik dan lebih mendalam. Ketua program prodi(Kaprodi) juga dapat melihat tingkat kemampuan mahasiswa sebagai bahan evaluasi untuk tahun ajaran yang akan datang dengan melihat pengelompokan mahasiswa berdasarkan nilainya sesuai dengan parameter yang ingin dilihat. Pembobotan mata kuliah dengan menggunakan metode Fuzzy K-Means sangat ditentukan oleh nilai dari atribut mata kuliah dan nilai prediksi tiap mata kuliahnya. Proses iterasi atau pengulangan dalam metode Fuzzy K-Means sangat penting dilakukan karena bobot mata kuliah masih sangat mungkin untuk berubah oleh karena itu terus dilakukan pengulangan sampai menghasilkan nilai yang tetap sehingga dapat mempengaruhi tingkat kemampuan mahasiswa karena tingkat kemampuan mahasiswa dilihat berdasarkan nilai mata kuliah yang dikalikan dengan bobot tiap mata kuliahnya sehingga hasil dari pengelompokan tersebut ditentukan oleh bobot tiap mata kuliahnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy K-Means
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:25
Last Modified: 26 Aug 2020 02:25
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3423

Actions (login required)

View Item View Item