IMPLEMENTASI ALGORITMA BOYER-MOORE PADA PERMAINAN WORD SEARCH PUZZLE

22094683, Steven Kristanto Gunawan (2013) IMPLEMENTASI ALGORITMA BOYER-MOORE PADA PERMAINAN WORD SEARCH PUZZLE. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22094683_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (843kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22094683_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permainan word search puzzle merupakan permainan puzzle pencarian kata-kata tersembunyi yang disusun dalam bentuk puzzle 2 dimensi. Penyelesaian dari game ini adalah menemukan semua kata yang tersembunyi di papan permainan yang berbentuk matriks. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana sistem dapat menemukan semua kata yang tersembunyi di dalam puzzle yang telah tersusun secara random baik secara horizontal, vertikal, maupun diagonal atau sebaliknya. Sistem yang dibangun untuk pencarian solusi menggunakan algoritma Boyer-Moore. Pencarian dilakukan dengan cara menentukan urutan arah terlebih dahulu kemudian sistem melakukan generate tabel pergeseran bad character rule dan good suffix rule dari setiap kata yang akan dicari oleh sistem dalam papan permainan. Setelah mengetahui nilai pergeseran huruf maka sistem memulai pencarian sesuai arah dan nilai pergeseran yang ditentukan. Penelitian yang dilakukan adalah melihat tingkat kesuksesan algoritma Boyer-Moore dan melihat kecepatan algoritma Boyer-Moore dalam melakukan pencarian kata-kata tersembunyi yang terdapat pada papan permainan. Hasil yang dicapai dari implementasi algoritma Boyer-Moore ini adalah ketepatan algoritma Boyer-Moore dalam mencari kata-kata tersembunyi pada permainan word search puzzle sangat bagus karena memiliki ketepatan 100%. Namun waktu yang diperlukan untuk menemukan kata-kata tersembunyi di dalam puzzle tersebut lama karena pencarian dilakukan berdasarkan arah yang telah ditentukan dan ukuran papan juga berpengaruh.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: word search puzzle, Boyer-Moore, String Matching.
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:31
Last Modified: 15 Jun 2021 02:31
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3412

Actions (login required)

View Item View Item