PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, ASIMETRI INFORMASI, DAN TEKANAN ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH KABUPATEN SORONG

12120023, Samuel Ellyas Japsenang (2019) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, ASIMETRI INFORMASI, DAN TEKANAN ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH KABUPATEN SORONG. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12120021_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (509kB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12120021_bab2-sd-bab5_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Anggaran adalah suatu rencana periodik yang disusun berdasarkan programprogram yang telah disahkan. Anggaran tidak hanya penting bagi perusahaan namun anggaran juga penting bagi pemerintah sebagai pedoman tindakan yang akan dilaksanakan pemerintah. Dalam penyusunan anggaran sering terjadi senjangan anggaran, senjangan anggaran adalah adalah proses penganggaran yang ditemukan adanya distorsi secara sengaja dengan menurunkan pendapatan yang dianggarkan dan meningkatkan biaya yang dianggarkan. Tujuan Penelitian adalah untuk menguji pengaruh partisipasi anggaran, asimetri informasi, dan tekanan anggaran terhadap senjangan anggaran. Manajer mungkin akan mengurangi anggaran dengan strategi mengurangi pendapatan dan melebih-lebihkan biaya. Metode pengambilan sampel yanng digunakan adalah Purposive sampling. Sampel penelitian adalah bendahara pengeluaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Sorong. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh positif terhadap senjangan anggaran. Berbeda dengan variabel asimetri informasi dan tekanan anggaran yang tidak memiliki pengaruh terhadap senjangan anggaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggaran, Asimetri Informasi, Tekanan Anggaran. Senjangan Anggaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Mr Yoshua Dwi Oktavianus Putra - Keluar
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:29
Last Modified: 30 Sep 2021 07:17
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item