KOSTUM SEBAGAI SARANA BELAJAR BERPAKAIAN SECARA MANDIRI BAGI ANAK USIA 3-4 TAHUN

62130021, Chlaudia Cindy Thereza Ronggo (2019) KOSTUM SEBAGAI SARANA BELAJAR BERPAKAIAN SECARA MANDIRI BAGI ANAK USIA 3-4 TAHUN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Desain Produk)
62130021_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (728kB)
[img] Text (Skripsi Desain Produk)
62130021_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting bagi setiap orang, hal ini karna kemandirian sangat berpengaruh kepada sifat, emosi, dan perilaku seseorang dalam beraktifitas. Pribadi yang mandiri bukanlah sesuatu yang dapat diperoleh dengan tiba-tiba, Oleh sebab itu pengenalan aktivitas kemandirian harus mulai dikenalkan sejak kecil. Usia Golden age adalah usia tepat untuk mengajarkan aktivitas kemandirian kepada anak, adapun usia 3-4 tahun yang termasuk didalamnya.Pengamatan dilakukan dengan mengunakan tehnik Etnografi hal ini untuk dapat melihat kemandirian apa saja yang sudah dapat dan belum dapat dilakukan oleh anak; mendengarkan apa yang dikatakan; berkomunikasi kepada anak dan orang tua secara langsung; dan mengumpulkan data lapangan. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukan bahwa, rata-rata anak mengalami kesulitan saat mengenakan T-Shirt maupun pakaian yang mengunakan pengait, hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya, daya tangkap anak dalam menyerap informasi yang diberikan; penjelasan orang tua yang panjang sehinga anak memerlukan waktu yang lama untuk memahami pengetahuan tersebut; tidak ada ketertarikan pada anak untuk belajar mandiri; tidak percaya diri; serta belum terlatihnya motorik anak dalam melakukan aktivitas tersebut. Membuat anak tertarik adalah hal penting yang harus dilakukan ketika akan memberikan informasi baru kepada anak, oleh sebab itu akan dirancang sebuah media untuk anak usia 3-4 tahun agar dapat belajar mengenai cara berpakaian secara mandiri dengan cara yang menyenangkan dan disukainya. Media yang dirancang berpacu pada metode pembelajaran Montesori, media ini memiliki tujuan utama yaitu melatih motorik halus agar siap ketika melakukan gengaman-gengaman kecil, melatih logika anak, serta memubat anak terbiasa melakukan kegiatan berpakaian mandiri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kemandirian; mototrik halus; berpakaian; desain produk.
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
N Seni Rupa > NK Seni Dekoratif. Seni Terapan. Dekorasi dan Ornamen
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Desain Produk
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:33
Last Modified: 14 Jun 2021 02:08
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item