PENGEMBANGAN DESAIN LUMBAR SUPPORT UNTUK MENCEGAH REPETITIVE INJURY HERNIA NUKLEUS PULPOSUS (HNP) BAGI WANITA BERUSIA 15-45 TAHUN

62130018, Reyna Dwi Gloria Gili (2019) PENGEMBANGAN DESAIN LUMBAR SUPPORT UNTUK MENCEGAH REPETITIVE INJURY HERNIA NUKLEUS PULPOSUS (HNP) BAGI WANITA BERUSIA 15-45 TAHUN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Desain Produk)
62130018_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (670kB)
[img] Text (Skripsi Desain Produk)
62130018_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada saat beraktivitas, kebanyakan orang tidak memperhatikan posisi tulang belakangnya dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan HNP atau yang biasa dikenal dengan syaraf kejepit. Perancangan produk ini bertujuan untuk menyediakan alat bantu bagi penderita HNP yang berguna untuk menyangga tulang belakang agar mencegah repetitive injury dan juga agar tubuh tetap tegak. Metode yang digunakan dalam proses perancangan produk yaitu metode SCAMPER. Tujuannya adalah untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan dari produk yang sudah ada agar dapat diterapkan pada produk yang akan dibuat. Hasil dari analisis tersebut berupa pengembangan desain lumbar support dalam bentuk bodysuit untuk mencegah pengulangan cidera HNP. Produk menggunakan sistem adjustable pada strap lumbar agar dapat menyesuaikan pengguna dalam pemakaian. Selain itu, sistem lepas pasang pada plat penyangga tulang belakang digunakan dengan tujuan agar pengguna dapat melepas plat tersebut saat merasa pegal. Cara penggunaan yang sederhana serta digunakan sebagai pakaian dalam dapat membuat pengguna tetap nyaman dalam beraktivitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Hernia Nukleus Pulposus, lumbar support, posisi tulang belakang.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Desain Produk
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 11 Feb 2020 01:33
Last Modified: 14 Jun 2021 02:07
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item