PENGEMBANGAN KESADARAN TEOLOGI DIFABILITAS DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH

01082162, PAULUS EKO KRISTIANTO (2014) PENGEMBANGAN KESADARAN TEOLOGI DIFABILITAS DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01082162_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01082162_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan difabel bawaan dan non-bawaan tidak terelakkan dalam konteks Indonesia. Sayangnya, fakta tersebut tidak direspon dengan baik. Hal ini nampak melalui banyaknya diskriminasi terhadap difabel. Walau demikian, advokasi difabilitas pun banyak tetapi kurang mendapatkan hasil signifikan dalam kesetaraan “orang normal” dan difabel. Bahkan dari segi pendidikan, kurikulum Pendidikan Agama Kristen di sekolah masih tergolong minim dalam membahas isu teologi difabilitas. Oleh karena itu, penulis mencoba mengajukan teologi masyarakat inklusif sebagai dasar teologis perjuangan keberadaan difabel di Indonesia. Kemudian, penulis mengemas teologi tersebut menjadi strategi pengembangan kesadaran teologi difabilitas dengan pendekatan transformatif dalam kurikulum Pendidikan Agama Kristen di sekolah dengan melibatkan komponen kurikulum di antaranya materi pembelajaran, metode pengajaran, silabus, penilaian, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Melalui sumbangan kecil strategi tersebut, penulis berharap kesetaraan “orang normal” dan difabel dapat terwujud karena peserta didik telah dikader melalui pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan integrasi dengan kurikulum mata pelajaran lainnya menjadi aktivis teologi difabilitas dalam praksis kesehariannya. Namun, langkah ini tidak akan berhasil tanpa adanya kerja sama semua stake holder pendidikan yakni Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Kelompok Kerja Pendidikan Agama Kristen Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, yayasan sekolah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan, “Orang normal”, Difabel, Kesadaran, Teologi Masyarakat Inklusif, Kurikulum, Pendidikan Agama Kristen, Sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:43
Last Modified: 14 Dec 2020 02:43
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3275

Actions (login required)

View Item View Item