ANALISIS IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A-STAR) PADA GAME RPG (ROLE PLAYING GAME) 3D SEBAGAI DASAR PERGERAKAN NPC (NON PLAYER CHARACTER) MENDEKATI PLAYER UNTUK MENINGKATKAN REALITAS GAME WORLD

22084424, Bonifatius Galih K. (2013) ANALISIS IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A-STAR) PADA GAME RPG (ROLE PLAYING GAME) 3D SEBAGAI DASAR PERGERAKAN NPC (NON PLAYER CHARACTER) MENDEKATI PLAYER UNTUK MENINGKATKAN REALITAS GAME WORLD. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22084424_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (406kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22084424_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Game adalah salah satu bentuk dari animasi interaktif dimana player dapat berinteraksi dengan game world. Dalam sebuah game, salah satu unsur yang dapat dianggap penting untuk mendukung jalannya game dan realitas dari game world adalah bagaimana suatu NPC(Non-Player Character) dalam game melakukan gerakan dan perpindahan. Untuk membuat sebuah game world menjadi lebih nyata dari segi cara berpindah NPC-nya, maka dibutuhkan suatu algoritma pathfinding yang mampu membuat NPC tersebut melakukan perpindahan layaknya suatu makhluk hidup berpindah di dunia nyata. A*(A-Star) adalah algoritma pencarian yang dapat digunakan untuk melakukan pathfinding, dalam hal ini A* akan digunakan untuk mencari suatu jarak terpendek antara NPC dan karakter player. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan percobaan terhadap implementasi algoritma A* pada lingkungan game 3 Dimensi. Penelitian dilakukan dengan melakukan implementasi algoritma A* pada sebuah game, lebih tepatnya pada karakter musuh yang ada dalam game tersebut. Setelah implementasi dilakukan, dilakukan percobaan dengan beberapa kasus sebagai pembuktian dari implementasi. Selain itu, dilakukan perhitungan terhadap nilai presisi dan nilai optimal dari algoritma A* yang diimplementasikan ini. Dari penelitian tersebut, didapatkan bahwa implementasi A* dapat digunakan dalam lingkungan game 3 dimensi. Selain itu, didapatkan bahwa algoritma A* dalam game tersebut sangat presisi dan cukup optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: algoritma A*, NPC, game 3 Dimensi, pathfinding.
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 15 Jun 2021 01:57
Last Modified: 15 Jun 2021 01:57
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3218

Actions (login required)

View Item View Item