KAJIAN TERHADAP PENGHAYATAN DAN LAYANAN BIDSTON PENGHIBURAN DI GKMI SURAKARTA (SUATU STUDI KOMPARASI ANTARA SELAMETAN KEMATIAN DENGAN BIDSTON PENGHIBURAN BAGI PENGEMBANGAN TEOLOGI KONTEKSTUAL DI GKMI SURAKARTA)

51160008, Sudarsono (2019) KAJIAN TERHADAP PENGHAYATAN DAN LAYANAN BIDSTON PENGHIBURAN DI GKMI SURAKARTA (SUATU STUDI KOMPARASI ANTARA SELAMETAN KEMATIAN DENGAN BIDSTON PENGHIBURAN BAGI PENGEMBANGAN TEOLOGI KONTEKSTUAL DI GKMI SURAKARTA). Masters thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Tesis Kajian Konflik Dan Perdamaian)
51160008_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (959kB)
[img] Text (Tesis Kajian Konflik Dan Perdamaian)
51160008_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam realitasnya, gereja tidak pernah hadir di masyarakat dalam ruang kosong/hampa. Melainkan hadir dalam dan diantara berbagai realitas lain. Hal ini menegaskan bahwa perjumpaan hidup antara kehidupan-kehidupan yang lain merupakan sebuah keniscayaan. Demikian dengan Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) Surakarta, hadir di tengah masyarakat kota Surakarta yang kental dengan realitas kebudayaan Jawa. Kebudayaan yang bagi orang Jawa disebutnya sebagai kebudayaan yang adi luhung. Oleh karena penuh dengan tata perikehidupan yang tidak hanya menyangkut dengan yang kelihatan tetapi juga yang tidak kelihatan, yang bersifat dunia maupun akherat, yang natural maupun yang supra natural yang bermuara kepada nilai-nilai keselarasan atau keharmonisan kehidupan semesta. GKMI Surakarta berusaha untuk hadir dan menjadi bagian dari realitas budaya yang adi luhung tersebut. Salah satunya hadir dengan ritual kematian “Bidston Pengghiburan.” Dapat dikatakan bahwa Bidston Penghiburan di GKMI Surakarta merupakan upaya berteologi kontekstual di tengah masyarakat yang kental dengan tradisi Selametan Kematian. Hal ini dimaksudkan agar GKMI Surakarta, pertama, mampu berkontribusi memberikan perspektif lain dalam ritual kematian dan kedua, GKMI Surakarta diterima dan menjadi bagian dalam tata kehidupan masyarakat Surakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teologi Kontekstual, Selametan Kematian, Bidston Penghiburan, Worldview, Keselarasan, Kosmologi, Mangunggaling Kawula Gusti, Silang Budaya, Berkait Kelindan, Sinkretisme, Okultisme.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Teologi > Magister Kajian Konflik dan Perdamaian
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:40
Last Modified: 11 Jun 2021 04:43
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item