IMPLEMENTASI USER-CENTERED DESIGN DALAM PERANCANGAN ULANG ANTARMUKA KEYBOARD ROLAND

22074224, B. ADITYA PERMADI MULJANTO (2013) IMPLEMENTASI USER-CENTERED DESIGN DALAM PERANCANGAN ULANG ANTARMUKA KEYBOARD ROLAND. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22074224_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (409kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22074224_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pengguna embedded device semakin bertambah dan beragam dari waktu ke waktu. Embedded device yang dimaksud pun semakin bertambah, mulai dari gadget hingga alat musik. Salah satu dari jenis alat musik yang merupakan embedded device karena banyak mengadopsi sistem komputer adalah keyboard. Penggunaan keyboard pun semakin banyak diminati orang karena praktis dan menghasilkan. Namun, seiring perkembangan waktu tentunya perusahaan-perusahaan yang memproduksi keyboard harus semakin meningkatkan performanya, baik di dalam hal peningkatan sistem, kualitas suara, dan tentunya yang tidak kalah penting adalah desain antar-muka. Desain antar-muka menjadi penting karena melalui desain yang muncul pada layar keyboard, seorang pemain keyboard mampu mengimplementasikan pengoperasian terhadap task yang bearad di keyboard. Akan tetapi, tampaknya hal ini justru menjadi hal yang jarang diperhatikan oleh perusahaan-perusahaan yang melakukan produksi keyboard tersebut. Salah satu fenomena yang terjadi adalah adanya bnyak keluhan mengenai sistem antar-muka yang terdapat di dalam keyboard Roland. Banyak penguna yang mengeluhkan tampilan layar yang dianggap kurang dapat dipahami serta kurang konsisten antara satu produk dengan produk yang lain. Oleh karena itu, penulis yang juga merupakan instruktur keyboard serta pemain keyboard akan berusaha untuk memperbaiki desain dari keyboard Roland, dengan lebih memperhatikan pengguna dan menjadikan pengguna sebagai objek utama di dalam penelitian ini. Metode ini disebut user-centered design, yang akan dijelaskan secara detail pada bagian landasan teori dari laporan ini. Prinsip perancangan dari sistem ini adalah dengan menggunakan penerapan beberapa teori-teori serta prosedural yang berada di dalam disiplin ilmu Human-Computer Interaction. Beberapa teroi tersebut antara lain penggunaan metode iterrative design, penggunaan usability testing, serta metode menemukan mental model pengguna dengan menggunakan cognitive approach. Perancangan dari sistem ini akan dimuali dari proses pencarian data secara kualitatif terhadap pengguna keyboard Roland agar lebih fokus dan sampel lebih dapat dilihat kompetensinya secara jelas. Kemudian hasil dari pengumpulan requirement ini akan diteliti dan dipelajari dengan menggunakan metode cognitive approach, sekaligus untuk mengetahui mental model dari pengguna terhadap sistem yang diinginkan. Kemudian, penulis akan memulai tahap usability testing yang mencakup beberapa tahapan tes di dalamnya, yaitu exploratory test, Assesment Test, serta Evaluation Test. Di dalam setiap tes akan terdapat metode pengujian yang akan menentukan kemajuan performa sistem di dalam setiap pengujian. Pengujian dimuali dari prototipe sederhana (low-fidelity prototype), menjadi prototipe yang lebih komplet (high-fidelity prototipe) dan final design . Sistem perancangan ulang yang dibangun pengguna ini akan dibangun sekaligus menjadi sebuah simulasi sederhana, meskipun titik berat dari penelitian ini adalah desain dari sistem itu sendiri. Pada tahap pengujian final design, penulis mengharapkan adanya penilaian performa dengan presentasi yang tinggi dari pengguna dan membantu pengguna serta keyboard Roland sendiri di dalam mengembangkan desain antar-muka dari keyboard Roland. Final Design dari sistem ini berupa simulasi sederhana yang dapat mengoperasikan task yang sesuai dengan ruang lingkup perancangan yang nanti akan disebutkan oleh penulis. Setelah diuji, nantinya simulasi sederhana inilah yang akan menjadi usulan desain dari penulis terhadap Keyboard Roland agar lebih dapat dipahami oleh pengguna.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Subjects: M Musik dan Buku tentang Musik > Musik
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:43
Last Modified: 26 Aug 2020 02:43
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3181

Actions (login required)

View Item View Item