PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SUPERMARKET MIROTA KAMPUS C. SIMANJUNTAK DI YOGYAKARTA

11094810, INDRI MANTARI MOMO UMBU LADO (2014) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SUPERMARKET MIROTA KAMPUS C. SIMANJUNTAK DI YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11094810_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11094810_Bab2-sd-Bab4_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, maka Indonesia dapat menjadi pasar yang sangat berpotensial bagi perusahaan-perusahaan untuk memasarkan produk-produk yang diciptakan oleh masing-masing perusahaan. Perusahaan dalam negeri maupun perusahaan asing berusaha mendirikan usaha bisnis dan menciptakan jenis-jenis produk yang nantinya akan digemari oleh calon pelanggan. Banyaknya perusahaan ini menciptakan adanya suatu persaingan bisnis dan perusahaan dapat menjadi pemenang dalam persaingan bisnisnya apabila perusahaan mampu menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya. Jika perusahaan dapat menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya tentu perusahaan tersebut dapat memperoleh keuntungan yang besar pula. Pemasaran merupakan hal yang sangat mendasar dan penting untuk dipahami oleh setiap pelaku yang berkecimpung dalam dunia usaha karena berhasil tidaknya perusahaan dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya sangat tergantung pada bagaimana cara perusahaan memasarkan produknya sehingga dapat diterima oleh pelanggan. Di dalam penelitian ini, penulis mengambil 4 variabel independent (product, place, price, promotion) dengan judul “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Supermarket Mirota Kampus C. Simanjuntak Di Yogyakarta”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel independen product, price, promotion, place, dan loyalitas pelanggan di Mirota Kampus C. Simanjuntak di Yogyakarta. Sampel sebanyak 100 responden, alat uji untuk penelitian yaitu regresi linier berganda, uji secara parsial (uji T) dan secara simultan (uji F) dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menguji apakah ada pengaruh yang signifikan secara simultan dan parsial antara variabel independen terhadap variabel dependen. Profil responden terdiri dari: jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaaan, dan pendapatan. Pertanyaan mengenai variabel terdiri dari 37 pertanyaan. Dengan karakteristik responden dan pertanyaan yang ada, maka dapat dilihat bahwa empat variabel independen yaitu variabel product, place dan price yang mempengaruhi variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan. Sedangkan, pada variabel independen promotion tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari ke empat variabel independen hanya 3 variabel independen yang berpengaruh secara parsial (product, place dan price) terhadap variabel dependen loyalitas pelanggan di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Loyalitas Pelanggan.
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > HD Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh
H Ilmu Sosial > HF Perdagangan
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 12 Aug 2020 02:52
Last Modified: 12 Aug 2020 02:52
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item View Item