PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SIRSAK TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGIS HEPAR PADA TIKUS YANG DIINDUKSI RIFAMPISIN DAN ISONIAZID

41150006, Sarah Kalis Salita (2019) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SIRSAK TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGIS HEPAR PADA TIKUS YANG DIINDUKSI RIFAMPISIN DAN ISONIAZID. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41150006_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (622kB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41150006_bab2_sd_bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan : Rifampisin dan Isoniazid merupakan pengobatan lini pertama dan jangka panjang dalam pengobatan tuberculosis. Salah satu efek samping penggunaan rifampisin dan isoniazid dalam jangka panjang adalah hepatotoksik. Daun sirsak telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Beberapa kajian ilmiah sudah membuktikan bahwa daun sirsak memiliki banyak manfaat antara lain sebagai antioksidan dan antiinflamasi untuk melindungi dan mengurangi kerusakan hepar. Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh pemberian ekstrak daun sirsak terhadap gambaran histopatologis hepar tikus yang akan diinduksi dengan rifampisin dan isoniazid Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan hewan coba yang terdiri dari 30 tikus jantan galur Wistar akan dibagi menjadi 5 kelompok dimana tiap kelompok terdiri dari 6 ekor. Pada Post penelitian hepar tikus akan dibuat preparat dan diamati dibawah mikroskop. Hasil : Hasil uji Oneway ANOVA menunjukkan perbedaan yang bermakna antar kelima kelompok perlakuan. Hasil uji Post Hoc menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara kelompok K (-) – K (+),K (-) – P 1, K (-) – P 2, K (-) – P 3, K (+) – P 1, K(+) – P 2, dan P1 – P3. Kelompok kontrol negatif menunjukkan perbedaan tingkat kerusakan inti sel hepar yang signifikan terhadap kontrol positif. Tingkat kerusakan inti sel hepar kelompok kontrol negatif terhadap kelompok ekstrak daun sirsak dosis rendah, kelompok ekstrak daun sirsak dosis sedang dan kelompok ekstrak daun sirsak dosis tinggi memberikan hasil perbedaan yang signifikan. Rata-rata tingkat kerusakan inti semakin menurun seiring dengan bertambahnya dosis ekstrak daun sirsak. Kesimpulan : Ekstrak daun sirsak memiliki pengaruh terhadap gambaran histopatologis hepar tikus yang diinduksi dengan rifampisin dan isoniazid.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Hepar, Rifampisin, Isoniazid, Daun Sirsak
Subjects: R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: ms Thalia Camilo - Resign
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:16
Last Modified: 22 Jun 2021 03:14
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item