PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI DIPANDANG DARI SEGI GENDER TERHADAP ETIKA BISNIS

12050407, ARDHANA RESWARI (2011) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI DIPANDANG DARI SEGI GENDER TERHADAP ETIKA BISNIS. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12050407_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12050407_bab2-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa akuntansi merupakan calon akuntan yang sedikit banyak akan masuk ke dalam lapangan pekerjaan akuntansi. Setiap kegiatan akuntansi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi terhadap etika bisnis. Sikap dan tindakan etis akuntansi akan sangat menentukan posisinya di masyarakat pemakai jasa profesionalnya. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian terhadap mahasiswa akuntansi dengan membandingkan persepsi mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa tingkat akhir demikian juga membandingkan antara mahasiswa dan mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris perbedaan persepsi para mahasiswa yang merupakan calon akuntan tentang etika bisnis. Analisis didasarkan pada data dari 103 responden mahasiswa akuntansi yang pengumpulannya dilakukan melalui kuesioner. Uji reabilitas dan validitas dilakukan untuk mengetahui apakah kuesioner yang digunakan reliabel dan valid dan uji hipotesis dilakukan dengan uji Independent T-test dan uji Mann-Whitney untuk membandingkan rata-rata persepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara mahasiswa tingkat awal dan mahasiswa tingkat akhir, demikian juga terhadap mahasiswa dan mahasiswi akuntansi. Hal ini berarti bahwa pendidikan etika pada jenjang pendidikan sangat penting karena akan mempengaruhi persepsi mahasiswa pada saat akan masuk dalam dunia kerja. Saran untuk penelitian berikutnya adalah menemukan variabel lain yang mempengaruhi perbedaan persepsi mahasiswa terhadap etika bisnis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: etika bisnis, gender, persepsi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: ms maria sema - keluar
Date Deposited: 28 Aug 2020 06:07
Last Modified: 28 Aug 2020 06:07
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3071

Actions (login required)

View Item View Item