ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP RUMAH MAKAN PADANG SEDERHANA DI KOTA YOGYAKARTA

11084749, RIONALDO SAMUEL (2013) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP RUMAH MAKAN PADANG SEDERHANA DI KOTA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11084749_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (483kB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11084749_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah perusahaan, pemasaran merupakan sarana bagi perusahaan untuk memperoleh pangsa pasar seluas-luasnya dan mencukupi kebutuhan maupun keingginan dari para konsumennya. Penelitian terhadap atribut-atribut yang ditawarkan sebuah perusahaan penting untuk dilakukan agar perusahaan dapat membangun kepuasan konsumen melalui atribut yang ditawarkannya tersebut. Penelitian ini juga akan mempermudah perusahaan untuk dapat memenuhi keinginan konsumen. Rumah Makan Padang Sederhana berusaha mengetahui sikap konsumen terhadap atribut yang ada. Dengan menggunakan sumber data yang diperoleh dari kuisioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang identitas konsumen maupun atribut-atribut yang ditawarkan oleh Rumah Makan Padang Sederhana. Dari data kuisioner tersebut akan diuji dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Dengan penelitian ini penulis menggunakan analisis indeks kepuasan konsumen yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah. Dan untuk mengetahui adanya perbedaan kepuasan berdasarkan profil responden penulis menggunakan Chi Square. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang paling banyak adalah berjenis kelamin laki-laki sebesar 63%, berusia > 36 tahun, tingkat pendidikan S1 sebesar 65%, dengan pekerjaan terbanyak adalah pegawai swasta sebesar 39%, dan berpenghasilan > Rp 2.600.000 sebesar 44% yang dikarenakan harga produk yang dijual di Rumah Makan Padang Sederhana harganya mahal dan banyak diminati oleh kalangan menengah ke atas. Berdasarkan perhitungan indeks kepuasan konsumen menunjukkan pada angka 140,92 yang terletak pada skala memuaskan yang berarti konsumen telah merasa puas dengan atribut-atribut yang diberikan Rumah Makan Padang Sederhana. Dan atribut yang paling memuaskan adalah atribut Rasa Makanan dengan IKK sebesar 19.80. Hasil dari Chi Square tidak ada perbedaan berdasarkan profil konsumen yang artinya konsumen (jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan dan pendapatan) memiliki kepuasan yang sama ketika membeli makanan di rumah makan padang sederhana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kepuasan konsumen, produk (product), harga (place), tempat (place), promosi (promotion), prosentase, IKK dan Chi Square
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > HF Perdagangan
H Ilmu Sosial > HJ Keuangan Publik
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:51
Last Modified: 24 Aug 2020 03:51
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3070

Actions (login required)

View Item View Item