SARANA PEMBELAJARAN IDENTIFIKASI EMOSI UNTUK ANAK AUTIS

24070044, TANTI ROSALIA DEWI (2012) SARANA PEMBELAJARAN IDENTIFIKASI EMOSI UNTUK ANAK AUTIS. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Desain Produk)
24070044_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Desain Produk)
24070044_Bab2-sd-bab4_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial. Berinteraksi dengan orang lain adalah kebutuhan mendasar dalam diri manusia. Interaksi sosial bersifat timbal balik atau dua arah. Agar interaksi dapat berjalan lancar dibutuhkan sikap saling memahami kedua belah pihak. Setiap individu membutuhkan proses evaluasi atau penilaian untuk memahami diri sendiri atau orang lain. Mereka membuat penalaran tentang apa yang dipikirkan, dirasakan, diinginkan, dan lain-lain, baik yang ada dalam diri mereka sendiri maupun dalam diri orang lain yang sedang berinteraksi dengan mereka. Sehingga interaksi social tersebut dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan. Kemampuan penalaran tersebut dikenal dengan istilah mind-reading. Kemampuan mind-reading tumbuh secara spontan dan alamiah pada masa kanak-kanak. Menurut Baron-Cohen, Hadwin & Howlin (1999), anak yang berkembangnya normal tidak membutuhkan pelatihan mind-reading secara emplisit. Lain halnya dengan anak yang memiliki gangguan autis. Anak-anak yang mengalami Autisme memperlihatkan kerusakan berat pada interaksi interpersonal dan komunikasi. Dengan demikian anak autis mengalamai mind-bliness, mereka cenderung tidak sensitif atau kurang empati pada perasaan orang lain, tidak mampu memahami intensi orang lain dan sulit memprediksi tingkah orang lain. Dari pemasalahan tersebut muncullah sebuah lebutuhan akan media yang tepat untuk membantu proses pembelajaran memahami atau mengidentifikasi emosi untuk anak penyandang Autisma. Kebutuh tersebut kemudian diangkat sebagai proyek Tugas Akhir ini. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai inovasi produk yang diinginkan adalah metode Discovery Research untuk mengetahui kebutuhan dan karakteristik user, eksperimen bahan untuk menganalisa bahan apa yang sesuai

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci tidak tersedia
Subjects: H Ilmu Sosial > HN Sejarah dan Kondisi Sosial. Permasalahan Sosial. Reformasi Sosial
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan
T Teknologi > TT Kerajinan Tangan. Seni dan Kerajinan
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Desain Produk
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:02
Last Modified: 11 Sep 2020 02:02
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3043

Actions (login required)

View Item View Item