USULAN LANGKAH-LANGKAH PENDAMPINGAN PASTORAL KELUARGA AKIBAT KAWIN TANGKAP DI SUMBA

01150053, Marchelina Fidya Lomi (2019) USULAN LANGKAH-LANGKAH PENDAMPINGAN PASTORAL KELUARGA AKIBAT KAWIN TANGKAP DI SUMBA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01150053_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01150053_bab2-sd-bab3_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy

Abstract

Keluarga Kristen yang ideal adalah keluarga yang hidup atas dasar cinta kasih, keluarga yang hidup sebagai suatu komunitas untuk menciptakan keharmonisan dalam keluarga. Keharmonisan dalam keluarga menunjukkan keluarga hidup dalam kasih, kesatuan, kesetiaan, pengorbanan dan keluarga yang hidup dalam Cinta Kristus. Namun dalam praktek keluarga akibat kawin tangkap di Sumba tidak menunjukkan keluarga sebagai keluarga yang ideal. Kawin tangkap di Sumba dilakukan tanpa adanya peminangan, tetapi dengan cara paksaan dengan cara ditangkap dan dipaksa untuk melakukan hubungan badan. Keluarga yang terbentuk akibat kawin tangkap ini juga mempengaruhi Psikologi, relasi dan komunikasi serta Patriaki dalam hubungan rumah tangga. Tindakan kekerasan baik fisik, psikis mapun kekerasan seksual yang dilakukan oleh laki-laki mengakibatkan perempuan memiliki rasa marah, kecewa, malu, dan memiliki tekanan atas penolakan diri, masyarakat, maupun dari pihak keluarga. Pendampingan Pastoral sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan gereja untuk menolong keluarga dan membimbing keluarga akibat kawin tangkap untuk dapat membentuk keluarga yang harmonis, keluarga yang dapat menghadirkan cinta kasih dalam relasinya. Selain dari pada itu pendampingan pastoral sebagai salah satu upaya untuk melindungi dan membimbing perempuan sebagai korban kekerasan untuk dapat kembali memiliki harapan baru dan mengampuni atas tindakan suaminya. Laki-laki dibimbing agar mampu untuk mengasihi keluarga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Kristen ideal, Tradisi kawin tangkap di Sumba, Pemerintah, Gereja, Katekasasi, Pendampingan Pastoral
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms octa antarani-resign
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:32
Last Modified: 11 Jun 2021 03:15
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item View Item