HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS II DAN III TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA

41150001, Adrian Ega Mahardika Susanto (2019) HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS II DAN III TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41150001_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (531kB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41140001_bab2_sd_bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Rumah sakit adalah salah satu penyedia layanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan outcome dari hasil layanan yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan. Kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien adalah pelayanan yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan. Tujuan : Mengetahui hubungan antara tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan menggunakan desain penelitian analitik korelasi dengan studi potong lintang (cross-sectional). Jumlah subjek pada penelitian ini sebanyak 31 responden. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah The Patien Satisfaction Questionnaire Short – form Modified (PSQ-18M) dan Kuesioner Kualitas Pelayanan dengan skala Likert. Data pada penelitian ini dianalisa menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil Penelitian : Penelitian ini dilakukan di Ruang C, D, E, F, VI rawat inap Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta pada tanggal 8 Juni 2019. Data diambil dari 31 responden yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 16 pasien rawat inap kelas III dan 15 pasien rawat inap kelas II. Pada kelompok pasien rawat inap kelas III terdapat 15 responden memiliki tingkat kepuasan kriteria Sangat Tinggi dan 1 responden dengan kriteria Sedang. Sedangkan pada kelompok pasien rawat inap kelas II, seluruh responden memiliki kriteria tingkat kepuasan pasien Sangat Tinggi. Kualitas pelayanan yang diterima pasien rawat inap Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta sebanyak 9 responden menerima kualitas pelayanan kriteria Sangat Baik, dan 22 responden menerima dengan kriteria Baik. Uji korelasi Spearman menunjukkan hasil sangat lemah dan tidak signifikan yaitu nilai r = 0,117 dan p = 0,532 (p>0,05). Kesimpulan : Tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas II dan III terhadap pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Rawat Inap, Pelayanan, Rumah Sakit, Kelas II, Kelas III
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: ms Thalia Camilo - Resign
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:03
Last Modified: 22 Jun 2021 03:12
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item