IMPLEMENTASI CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PERUSAHAAN DAGANG STUDI KASUS : GUDANG CV. ABC

23070189, STEFANUS FENDY SOESANTO (2013) IMPLEMENTASI CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PERUSAHAAN DAGANG STUDI KASUS : GUDANG CV. ABC. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23070189_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (543kB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23070189_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Gudang CV.ABC didirikan pada tahun 1997, pada awalnya, gudang CV.ABC ini masih terbagi-bagi di beberapa tempat, seiring berjalannya waktu, maka pada tahun 1997 disentralisasi. Tepatnya di Jalan Diponegoro 93 Kutoarjo 54212 Kabupaten Purworejo. Sejak awal mula didirikannya Gudang CV.ABC ini, semua proses administrasi, pembuatan nota, masih manual menggunakan tulisan tangan. Karena sumber daya manusianya kurang memadai untuk beralih ke sistem komputerisasi. Pada tahun 2004, konsumen Gudang CV.ABC meningkat pesat, karena keberhasilannya dalam perdagangan, maka secara otomatis maka bertambah rumitnya proses administrasi dan pembuatan nota. Hingga menyebabkan seringnya terjadi kesalahan pembuatan nota, yang mengakibatkan kerugian maupun keuntungan yang tidak masuk akal, karena terus bertambahnya usia maka tingkat ketelitiannya makin menurun. Selain itu juga para konsumen mulai berkurang loyalitasnya, tidak ada faktor pemicu yang mendorong para konsumen untuk lebih giat lagi berbelanja di CV.ABC. Melihat keadaan tersebut, maka kami mencoba untuk membuatkan sistem informasi jual beli, sekaligus mengimplementasikan metode CRM (Customer Relationship Management), agar memacu para konsumen untuk dapat meningkatkan loyalitasnya melalui jumlah point yang didapat. Jumlah poin tersebut dapat meningkat melalui seringnya berbelanja, banyaknya total belanja, dan ketepatan pembayaran. Point tersebut akan masuk kedalam cluster tertentu, sehingga konsumen mendapat keistimewaan, jika memperolehcluster yang makin tinggi. Dengan diimplementasikannya program dan sistem ini, maka proses pembuatan nota penjualan pembelian di CV.ABC akan semakin cepat dalam pelayanan, meminimalisir kesalahan, inkonsistensi data, dan akan meningkatkan loyalitas konsumen dengan faktor pemicu pendapatan point untuk mendapatkan hak previlege, sehingga konsumen dapat berbelanja dengan harga yang istimewa

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:35
Last Modified: 30 Jul 2020 03:35
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item