HUBUNGAN FUNGSI FISIK TERHADAP KUALITAS HIDUP LANSIA DENGAN GEJALA SARCOPENIA YANG DISERTAI RIWAYAT INFEKSI DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR

41140040, Bambang Birawa (2019) HUBUNGAN FUNGSI FISIK TERHADAP KUALITAS HIDUP LANSIA DENGAN GEJALA SARCOPENIA YANG DISERTAI RIWAYAT INFEKSI DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41140040_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (443kB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41140040_bab2_sd_bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Jumlah populasi dan usia harapan hidup lansia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Infeksi menjadi salah satu masalah kesehatan yang penting pada lanjut usia dikarenakan terjadinya penurunan fungsi sistem imunitas pada tubuh. Hasil ini membuat upaya untuk meningkatkan kualitas hidup lansia sangat penting. Tujuan : Mengetahui hubungan antara fungsi fisik dengan kualitas hidup lansia dengan gejala sarcopenia yang disertai riwayat infeksi. Metode Penelitian : Pengukuran yang dilakukan adalah pengukuran fungsi fisik menggunakan instrument Timed Up and Go Test, Berg Balance Scale, The Borg Scale. Pengukuran riwayat infeksi menggunakan kuesioner infeksi dan pengukuran untuk kualitas hidup menggunakan kuesioner WHOQOL-BREF. Hasil Penelitian : Responden berjumlah 19 orang. Hubungan fungsi fisik pengukuran BERG dengan kualitas hidup p > 0,05 pada semua domain. Pengukuran BORG dengan kualitas hidup domain sosial adalah p < 0,05. Pengukuran TUG dengan kualitas hidup domain sosial adalah p < 0,05. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara BERG dengan kualitas hidup, terdapat hubungan antara BORG dengan kualitas hidup pada domain sosial, terdapat hubungan antara TUG dengan kualitas hidup domain sosial dan rata-rata hasil pengukuran tes fungsi fisik dan kualitas hidup lansia adalah buruk.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Fungsi fisik, Sarcopenia, Kualitas hidup, Lansia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: ms Thalia Camilo - Resign
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:27
Last Modified: 18 Jun 2021 03:14
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item