PENDIDIKAN PEMERDEKAAN DAN TEOLOGI PEMERDEKAAN MANGUNWIJAYA : RELEVANSINYA DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

01150032, Maria Carolina Ramopolii (2019) PENDIDIKAN PEMERDEKAAN DAN TEOLOGI PEMERDEKAAN MANGUNWIJAYA : RELEVANSINYA DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01150032_bab1_bab6_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01150032_bab2-sd-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy

Abstract

Mangunwijaya mengungkapkan bahwa pendidikan merupakan pemantulan langsung dari jiwa suatu masyarakat. Suatu masyarakat yang tidak humanis akan membuat model pendidikan yang ada pun menjadi tidak humanis. Dehumanisasi dalam dunia pendidikan dapat dilihat dari mahalnya biaya pendidikan. Akibatnya, kaum miskin mengalami kesusahan-kesusahan untuk menempuh pendidikan, sehingga dapat dikatakan pendidikan yang ada tidak berpihak pada kaum miskin. Selain itu, pendidikan yang seperti ini hanya akan memperlebar kesenjangan antara kaum miskin dan kaya yang sekaligus berarti melanggengkan ketidakadilan. Mangunwijaya memiliki keprihatinan terhadap dunia pendidikan dan kaum miskin. Ia pun menggagas model pendidikan yang memerdekakan. Dalam membangun pendidikan yang memerdekakan, Mangunwijaya dipengaruhi oleh teologi pemerdekaan. Untuk itu, menjadi hal yang menarik untuk meneliti bagaimana Mangunwijaya mengembangkan pendidikan yang memerdekakan, teologi pemerdekaan serta hubungan antara keduanya. Teologi pemerdekaan memberikan refleksi yang mendalam mengenai teladan Yesus yang berpihak dan melayani kaum miskin, sekaligus refleksi bagi pengikut Kristus untuk mempertanggungjawabkan imannya. Salah satu bentuk pertanggungjawaban yang dinyatakan yaitu berpihak pada yang miskin dan bersama memperjuangkan Kerajaan Allah di dunia. Mangunwijaya pun mengembangkan model pendidikan yang memerdekakan, yaitu model pendidikan yang memiliki semangat kemanusiaan agar terciptanya dunia yang adil dan sejahtera bagi semua orang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Mangunwijaya, humanisasi, pendidikan pemerdekaan, Yesus, teologi pemerdekaan, Kerajaan Allah, ketidakadilan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms octa antarani-resign
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:12
Last Modified: 11 Jun 2021 03:06
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item