TINJAUAN TERHADAP BENTUK PENDAMPINGAN DAN KONSELING PASTORAL KEDUKAAN BAGI ANAK DI GBKP KEBAYORAN LAMA

01062074, ABANITA KABAN (2013) TINJAUAN TERHADAP BENTUK PENDAMPINGAN DAN KONSELING PASTORAL KEDUKAAN BAGI ANAK DI GBKP KEBAYORAN LAMA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01062074_bab1_bab4_daftarpustaka.pdf

Download (282kB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01062074_bab2-sd-bab3_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang menjadi fokus dalam skripsi ini adalah pendampingan dan konseling pastoral terhadap anak yang berduka. Setelah penyusun melakukan penelitian di GBKP Kebayoran Lama, ternyata Gereja tidak ada melakukan pendampingan dan konseling pastoral terhadap anak yang berduka. Dari penelitian ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan GBKP belum mengembangkan pelayanan kedukaan terhadap anak: fokus pelayanan kedukaan hanya untuk orang dewasa, kurangnya perhatian terhadap anak yang berduka, pemahaman akan anak yang dipengaruhi beberapa ide (Calvin dan Suku Karo) dan letak Gereja yang berada di kota besar (Jakarta). Oleh karena itu, penyusun yang berlandaskan pengajaran Yesus tentang pelayanan dalam Markus 9: 33-37 mendorong Gereja untuk memperhatikan dan memprioritaskan anak, khususnya ketika anak menghadapi krisis dalam hal ini kedukaan. Yang terakhir, penyusun memberi usulan pengembangan pendampingan dan konseling pastoral bagi anak yang berduka sesuai dengan prinsip dan fungsi pastoral.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Pastoral, Konseling Pastoral, Pastoral Anak, Pastoral Krisis, Pastoral Kategorial
Subjects: B Filsafat. Psikologi. Agama > BF Psikologi
B Filsafat. Psikologi. Agama > BV Teologi Praktis
H Ilmu Sosial > HN Sejarah dan Kondisi Sosial. Permasalahan Sosial. Reformasi Sosial
Divisions: Fakultas Teologi > Filsafat Keilahian
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 23 Feb 2021 07:22
Last Modified: 23 Feb 2021 07:22
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2836

Actions (login required)

View Item View Item