PENERAPAN GOAL DIRECTED DESIGN DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI UJI KEMAMPUAN DASAR BAHASA JERMAN

22104978, PRISKILA ADOLFINA ABANAT (2016) PENERAPAN GOAL DIRECTED DESIGN DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI UJI KEMAMPUAN DASAR BAHASA JERMAN. Bachelor thesis, Univeristas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22104978_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22104978_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Jerman merupakan bahasa yang sudah dikenal luas di dunia. Banyak orang mempelajari Bahasa Jerman dengan berbagai macam tujuan. Tujuan tersebut diantaranya untuk berkunjung ke negara Jerman untuk berlibur, belajar atau urusan bisnis, untuk menjadi guide turis Jerman, atau hanya sekedar untuk memahami literatur Jerman. Di Indonesia, Bahasa Jerman sudah dianggap penting untuk dipelajari, bahkan termasuk dalam mata pelajaran di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini untuk mempersiapkan siswa jika suatu saat akan memilih melanjutkan studi ke Jerman, karena Jerman adalah salah satu negara yang merupakan tujuan studi yang populer. Banyak universitas di Jerman yang menawarkan peluang beasiswa untuk belajar disana dengan syarat menguasai Bahasa Jerman. Penelitian dalam laporan skripsi ini menggunakan metode Goal Directed Design, sebuah metode yang berorientasi pada tujuan dan motivasi dari pengguna terhadap suatu produk digital (Alan, Reimann, & Cronin, 2007), untuk membangun sebuah sistem yang dapat digunakan untuk belajar Bahasa Jerman sesuai dengan orientasi tujuan dan motivasi pengguna. Penelitian ini juga menggunakan User Experience Questionaire (UEQ) untuk memperoleh penilaian pengguna dari segi Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Stimulasi, dan Kebaruan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pembelajaran Bahasa Jerman yang sesuai dengan kebutuhan pengguna yang didapatkan dari proses Goal Directed Design dengan penilaian yang positif yaitu di atas rata-rata dari aspek: Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Stimulasi, dan Kebaruan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Goal Directed Design, User Experience Questionnaire, Sistem Pembelajaran, Bahasa Jerman
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
T Teknologi > T Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms anggel dolonseda
Date Deposited: 23 Oct 2020 07:04
Last Modified: 23 Oct 2020 07:04
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item