ANALISIS PROSES BISNIS UNTUK MENGELOLA GARANSI PRODUK ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN CRM STUDI KASUS: TOKO ELEKTRONIK MEKAR ABADI

72150047, WILLIAM GAUTAMA (2016) ANALISIS PROSES BISNIS UNTUK MENGELOLA GARANSI PRODUK ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN CRM STUDI KASUS: TOKO ELEKTRONIK MEKAR ABADI. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72150047_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72150047_bab2-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Garansi merupakan sebuah jaminan kualitas yang diberikan secara cuma-cuma oleh pihak pabrik. Jangka waktu garansi yang diberikan berbeda-beda, ada yang memberikan selama 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, bahkan sampai 5 tahun. Setiap kompetitor berlomba-lomba memberikan jaminan garansi yang panjang agar konsumen tidak perlu khawatir ketika akan membeli produk tersebut. Padahal kenyataannya, garansi yang lebih panjang tidak menjamin kualitas dari produk tersebut lebih baik daripada yang memiliki garansi yang pendek. Hal ini menyebabkan banyak terjadi kerusakan pada produk elektronik sehingga konsumen mau tidak mau harus menggunakan fasilitas garansi ini supaya produk yang telah dibelinya dapat digunakan normal kembali. Disisi lain, keberadaan service center itu sendiri tidak ada di setiap kota, terutama kota Magelang. Oleh karena itu Toko Mekar Abadi memberikan pelayanan ekstra yaitu menerima titip klaim garansi produk yang telah dibeli oleh pelanggannya secara cuma-cuma. Pendekatan CRM yang akan digunakan adalah dengan memberikan informasi yang sedetail-detailnya kepada pelanggan Toko Mekar Abadi, dan penyampaian secara akurat serta cepat. Hal ini tentunya akan menambah nilai kepercayaan dari pelanggan, sehingga loyalitas pelanggan terhadap Toko Mekar Abadi akan semakin meningkat. Tentunya tujuan utama dari pendekatan ini adalah supaya pelanggan selalu konsisten belanja kebutuhan elektronik mereka di Toko Mekar Abadi. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah rekayasa sistem dan proses bisnis yang mampu meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan, khususnya dalam hal transaksi klaim produk elektronik. Rekayasa sistem ini dapat mencakup setiap proses yang dibutuhkan pada suatu klaim produk elektronik mulai dari pencatatan data produk, data pelanggan, data sales, data penjualan, serta data klaim. Dengan adanya rekayasa sistem ini, proses pencatatan data dan informasi klaim garansi dapat tersimpan lebih aman, cepat dan akurat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: garansi, produk elektronik, pendekatan CRM.
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:42
Last Modified: 20 Oct 2020 03:42
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2783

Actions (login required)

View Item View Item