SISTEM INFORMASI JASA SERVIS AC BERBASIS WEB (BACK OFFICE). STUDI KASUS: CV. KURNIATAMA

72120036, MANILA KRISTIN (2016) SISTEM INFORMASI JASA SERVIS AC BERBASIS WEB (BACK OFFICE). STUDI KASUS: CV. KURNIATAMA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72120036_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72120036_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Servis AC merupakan bagian yang penting untuk merawat AC yang dimiliki. Pelayanan servis AC pada tempat servis AC dapat membantu untuk mengetahui perawatan dan penanganan yang tepat apabila terjadi kerusakan pada AC. Konsumen sebelum pelayanan tidak diberi informasi mengenai waktu dan teknisi yang akan melakukan pelayanan. Saat selesai melakukan pelayanan servis AC, konsumen hanya mengetahui total biaya dari pelayanan dan data sparepart AC yang diganti oleh teknisi. Informasi yang diberikan kepada konsumen tidak rinci dan transparan, sehingga konsumen cukup mengetahui seberapa banyak harus membayar biaya pelayanan. Dalam skripsi ini dibuat sistem untuk mencatat data pelayanan terhadap konsumen beserta penjadwalan teknisi dan juga jadwal pelayanan sesuai permintaan konsumen. Sistem juga memvisualisasi hasil penjualan sparepart per bulan dan mengakumulasi dari data sparepart yang ke dalam bentuk laporan grafik. Sistem juga memiliki fasilitas untuk mengirimkan pesan berupa SMS Gateway kepada teknisi dan konsumen, yang berfungsi untuk mengingatkan jadwal pelayanan. Konsumen dapat menerima informasi jadwal pelayanan yang berisi data teknisi yang akan datang dan waktu pelayanan, pesan ini akan dikirim kepada konsumen satu hari sebelum hari pelayanan. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat memvisualisasikan hasil analisis kerusakan pada AC berdasarkan jenis dan merk AC dari data pelayanan dan permintaan sparepart sesuai kebutuhan konsumen. Pada sistem akan diketahui data sparepart yang paling sering dipesan oleh teknisi ketika melakukan pelayanan yang digambarkan dalam laporan grafik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, SMS Gateway, Penjadwalan, Sparepart.
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi > ZA Sumber-sumber Informasi > ZA4050 Sumber Informasi Elektronik
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:31
Last Modified: 20 Oct 2020 03:31
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2774

Actions (login required)

View Item View Item