PERKEMBANGAN KESADARAN KRISTOLOGI-EKOLOGI DALAM POKOK-POKOK AJARAN GEREJA-GEREJA KRISTEN JAWA (PPA GKJ) SERTA RELEVANSINYA BAGI UPAYA KONTEKSTUAL MEMELIHARA ALAM.

01150020, Pradita Noviantoro (2019) PERKEMBANGAN KESADARAN KRISTOLOGI-EKOLOGI DALAM POKOK-POKOK AJARAN GEREJA-GEREJA KRISTEN JAWA (PPA GKJ) SERTA RELEVANSINYA BAGI UPAYA KONTEKSTUAL MEMELIHARA ALAM. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01150020_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01150020_bab2-sd-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy

Abstract

Krisis ekologi bukanlah sesuatu yang baru saat ini, akan tetapi permasalahan itu waktu ke waktu semakin menunjukkan dampak yang tidak baik dalam kehidupan ini. GKJ sebagai salah satu pihak yang tumbuh dan berkembang ditengah-tengah masyarakat yang tentunya juga merasakan bagaimana krisis ekologi itu cukup memberikan dampak kurang baik. Oleh sebab itu gereja baik langsung maupun tidak turut andil dalam proses bagaimana mengurangi dari krisis ekologi ini. Andil itupun bisa dilakukan melalui pengajaran yang menanamkan kesadaran akan ekologi. Namun sudahkah gereja benar-benar mencerminkan dalam pengajarannya menanamkan kesadaran yang ekologi, lebih-lebih bagaimana Kristus dimaknai ulang dalam konteks yang lebih ekologi? Skripsi ini mengkaji bagaimana GKJ mengajarkan penghayatan tentang Kristus serta sikap terhadap alam. Pada titik tersebut juga melihat seberapa besar pengaruh sifat antroposentris dalam pengajran tersebut. Kemudian mencoba menawarkan gagasan berkenaan dengan pemahaman tentang Kristus yang lebih ekologi. Serta menyandingkan dengan salah satu falsafah yang ada dalam kebudayaan Jawa, yaitu memayu hayuning bawana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kristologi, Ekologi, Budaya, Antroposentris, Katekismus Heidelberg, PPA-GKJ, Kristus, Keutuhan Ciptaan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms octa antarani-resign
Date Deposited: 14 Jan 2020 05:49
Last Modified: 11 Jun 2021 03:02
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item