PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN AKTIVITAS KEHIDUPAN SEHARI-HARI LANSIA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA (DI DUSUN ARJOSAR, DESA KETRO, KECAMATAN TULAKAN, KABUPATEN PACITAN)

41110028, Lukas Lumadya Laksana (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN AKTIVITAS KEHIDUPAN SEHARI-HARI LANSIA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA (DI DUSUN ARJOSAR, DESA KETRO, KECAMATAN TULAKAN, KABUPATEN PACITAN). Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41110028_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (866kB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41110028_bab2_sd_bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Lansia merupakan tahap akhir dari dari kehidupan. Jumlah lansia dari tahun ke tahun diprediksi akan selalu mengalami kenaikan. Lansia cenderung akan mengalami masalah-masalah seperti imobilisasi, demensia, beser, dan dikubitus. Peran keluarga atau pendamping diperlukan untuk menjaga lansia agar tetap mandiri. Sehingga diperlukannya pendidikan kesehatan bagi keluarga untuk menambah pengetahuan dan sikap tentang perawatan lansia. Tujuan: Menganalisa pengaruh pendidikan kesehatan Aktifitas Kehidupan Sehari-hari (AKS) lansia terhadap pengetahuan dan sikap keluarga. Metode: Kuasi Eksperimental denga rancangan One group pretest and post test. Populasi adalah keluarga dengan lansia di dusun Arjosari dan sampel menggunakan total populasi yang berjumlah 40 orang. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov smirnov, pengolahan data menggunakan SPSS dengan uji Wilcoxon sign rank test. Hasil: Pendididan kesehatan Aktivitas Kehidupan Sehari-hari (AKS) tentang lansia mempunyai pengaruh bermakna terhadap pengetahuan keluarga karena p<a (p=0,000;a=0,05). Sedangkan pendidikan kesehatan Aktivitas Kehidupan Sehari-hari (AKS) lansia juga berpengaruh terhadap sikap keluarga karena p<a (p,0,000;a=0,05). Kesimpulan: Pemberian pendidikan kesehatan Aktifitas Kesehatan Sehari-hari (AKS) lansia mempunya pengaruh yang bermakna terhadap pengetahuan dan sikap keluarga lansia

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, AKS, Lansia, pengetahuan, sikap, keluarga
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: ms Thalia Camilo - Resign
Date Deposited: 14 Jan 2020 05:47
Last Modified: 18 Jun 2021 03:10
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item