GAMBARAN TENTANG ISLAM DI KALANGAN JEMAAT GREJA KRISTEN JAWI WETAN (GKJW) BONGSOREJO DAN DAMPAKNYA BAGI RELASI KRISTEN-ISLAM DI DUSUN BONGSOREJO

01150014, Stefhanny Wihelda Sucipto (2019) GAMBARAN TENTANG ISLAM DI KALANGAN JEMAAT GREJA KRISTEN JAWI WETAN (GKJW) BONGSOREJO DAN DAMPAKNYA BAGI RELASI KRISTEN-ISLAM DI DUSUN BONGSOREJO. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01150014_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01150014_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia akan selalu berjumpa dengan setiap situasi yang terus berkembang dan bergerak secara dinamis. Manusia akan dituntut untuk memiliki kesadaran akan konteks kehidupan di sekitarnya, terutama konteks keberagaman agama. Hal inilah yang akhirnya mendorong seseorang untuk mengalami perjumpaan dengan berbagai macam perbedaan yang ada. Oleh karena itu, pengalaman perjumpaan antar agama yang dijumpai oleh setiap umat menjadi bagian yang sangat penting. Pengalaman perjumpaan akan membawa setiap individu menyadari keberadaannya. Perjumpaan yang dialami juga akan menghasilkan gambaran serta pandangan yang akan dihidupi dalam kehidupannya. Namun, perlunya ditekankan bahwa gambaran maupun pandangan yang dihadirkan oleh tiap-tiap orang bersifat dinamis, karena mengikuti proses pengalaman perjumpaan yang akan dijumpai secara terus-menerus. Sehingga tidak menutup kemungkinan, dari adanya perjumpaan yang kemudian menghadirkan gambaran atau pandangan tertentu, juga turut menghadirkan relasi serta dialog yang akan terbentuk di antara umat beragama (Kristen dan Islam). Hal Inilah yang menjadi pergumulan GKJW dalam menghadapi perjumpaan-perjumpaan dengan umat Islam di sekitar mereka. Perjumpaan yang menyadari konteks bahwa mereka hidup di tengah pluralitas (terkhusus agama), yang tidak dapat dihindari oleh siapapun. Dengan demikian, tulisan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengalaman perjumpaan yang ditemui oleh jemaat dengan orang-orang Islam yang kemudian menghadirkan gambaran atau pandangan terhadap kalangan Islam dan dampak bagi relasi Kristen-Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pengalaman, perjumpaan, pandangan, gambaran, Greja Kristen Jawi Wetan, relasi, Kristen dan Islam.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms octa antarani-resign
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:00
Last Modified: 11 Jun 2021 02:59
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item