KARAKTERISTIK SARANG ORANGUTAN (PONGO PYGMAEUS MORIO ) DI RESORT SANGATTA DAN RESORT SANGKIMA TAMAN NASIONAL KUTAI, KALIMANTAN TIMUR

31150074, Marcelina Tikurara Londong Allo (2019) KARAKTERISTIK SARANG ORANGUTAN (PONGO PYGMAEUS MORIO ) DI RESORT SANGATTA DAN RESORT SANGKIMA TAMAN NASIONAL KUTAI, KALIMANTAN TIMUR. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Biologi)
31150074_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (334kB)
[img] Text (Skripsi Biologi)
31150074_bab2_sd_bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy

Abstract

Orangutan (Pongo pygmaeus morio) merupakan satu dari beberapa fauna langka yang hidup di Taman Nasional Kutai dan perlu dilestarikan. Upaya pelestarian orangutan dapat dilakukan dengan mempertahankan habitatnya, yakni dengan mempelajari karakteristik sarangnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik sarang orangutan yang ada di resort Sangatta dan resort Sangkima, Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jalur transek dengan menghitung sarang orangutan serta mencatat karakteristik sarang orangutan yang meliputi kelas sarang, posisi sarang, tinggi sarang, tinggi pohon, diameter pohon dan jenis pohon sarang. Pada lokasi penelitian ditemukan sebanyak 173 sarang orangutan yang terdiri dari 84 sarang di resort Sangatta dan 89 sarang di resort Sangkima dan didominasi oleh kelas sarang C dan D dengan posisi sarang sebagian besar terdapat pada ujung dahan (UD) di resort Sangatta dan posisi sarang terbanyak ada pada ujung dahan (UD) dan pucuk pohon (PP) di resort Sangkima.Rata-rata tinggi sarang orangutan pada ketinggian 12,2 - 40,2 m dengan diameter pohon 17,4 - 110 m dan tinggi pohon 12,2 - 40,2 m di resort Sangatta. Pada resort Sangkima rata-rata tinggi sarang orangutan ada pada ketingian 10,2 - 24,2 m dengan diameter pohon 20 - 109,4 m serta rata-rata tinggi pohon 14-28,6 m. Oleh karena itu, karakteristik sarang orangutan juga menjadi indikator kondisi habitat orangutan yang ada di resort Sangatta dan resort Sangkima, TNK yang nantinya dapat dijadikan informasi dasar dalam pengelolaan orangutan dan habitatnya sehingga upaya ini nantinya dapat mempertahankan spesies ini dari ancaman kepunahan serta hutan di TNK menjadi lebih lestari dan jumlah sarang dimasing-masing di resort Sangatta dan resort Sangkima tidak jauh berbeda dan hasilnya cukup signifikan dimasing-masing transek.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Orangutan, Pongo pygmaeus morio, sarang orangutan, Taman Nasional Kutai
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Bioteknologi > Prodi Biologi
Depositing User: ms Thalia Camilo - Resign
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:59
Last Modified: 15 Jun 2021 02:33
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item