VISUALISASI LAPORAN EKSEKUTIF PENJUALAN BERBASIS WEB. STUDI KASUS: BAKPIA PATUK 75

72110012, PRIYANKA AYU SONIA PUTRI (2015) VISUALISASI LAPORAN EKSEKUTIF PENJUALAN BERBASIS WEB. STUDI KASUS: BAKPIA PATUK 75. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72110012_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (567kB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72110012_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sebuah perusahaan yang memanfaatkan teknologi infomasi harus mampu mengontrol proses bisnis perusahaannya secara cepat, tepat dan efisien. Perusahaan perlu melakukan monitoring dan/atau pengukuran kinerja secara berkala untuk memastikan bahwa proses bisnis yang dijalankan telah menggunakan strategi bisnis yang tepat dan mampu memenuhi target yang ingin dicapai. Strategi bisnis dapat dirancang dengan melakukan pengolahan dan manajemen yang baik dan tepat terhadap data perusahaan. Data perusahaan selalu bertambah setiap harinya dalam database sistem informasi dan menjadi aset penting bagi perusahaan. Salah satu cara untuk mengolah data adalah dengan menerapkan konsep data warehouse dan business intelligence. Data warehouse menggunakan sumber data yang diambil dari database perusahaan sebagai inputnya dan mengolah data dalam berbagai alternatif dengan konsep business intelligence sehingga mudah dianalisis. Untuk memudahkan bagian manajerial perusahaan menganalisis data penjualannya, maka perlu dirancang sebuah model dimensi untuk membuat laporan eksekutif yang mudah dipahami dengan memanfaatkan beberapa dimensi. Data-data penjualan tersebut akan melalui proses extract, transform dan load (ETL) agar data siap digunakan dalam data warehouse, sebelum disimpan dalam sebuah model dimensi (dimensional model). Visualisasi laporan penjualan digunakan oleh bagian manajerial Bakpia Patuk 75 untuk membantu memantau dan menganalisis kondisi penjualan melalui dashboard dan laporan dengan memanfaatkan business intelligence. Dashboard menampilkan grafik yang memudahkan pengguna membaca kondisi penjualan yang sedang terjadi dengan cepat berdasarkan dimensi yang telah dibentuk, yaitu waktu, outlet dan barang. Sedangkan laporan memberikan informasi yang lebih rinci dengan menampilkan tabel dan grafik. Dimensi digunakan untuk membantu menganalisis data dari sudut pandang yang telah ditentukan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: dashboard, dimensional model, ETL, laporan eksekutif
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:59
Last Modified: 16 Jun 2020 04:59
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item View Item