SEANDAINYA NEGERIKU SERUPA RAHIM IBU KRITIK SOSIAL MUSIK INDIE INDONESIA DALAM PERSPEKTIF MODEL KENABIAN MENURUT NIELS CHRISTIAN HVIDT

01150012, Sinta Rohana Edwin (2019) SEANDAINYA NEGERIKU SERUPA RAHIM IBU KRITIK SOSIAL MUSIK INDIE INDONESIA DALAM PERSPEKTIF MODEL KENABIAN MENURUT NIELS CHRISTIAN HVIDT. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01150012_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01150012_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Musik indie merupakan suatu kekayaan dalam skena musik Indonesia. Ketika musik popular bertemakan cinta menjadi sorotan publik, berbeda dengan musik indie. Musik indie tidak begitu popular dengan mengusung tema yang juga tidak biasa diangkat oleh kebanyakan musisi lagu-lagu populer. Musisi indie mencipta lagu berisi kritik terhadap sistem hukum dan politik Indonesia yang merugikan rakyat kecil. Isu sosial yang terpotret dalam krisis kemanusiaan menjadi salah satu tema yang diangkat oleh musisi indie. Hal ini telah dilakukan oleh Efek Rumah Kaca dan Merah Bercerita sebagai representasi band indie Indonesia yang mengangkat tentang isu-isu sosial. Suara mereka dalam lagu berupa seruan pembebasan terhadap sistem yang tidak pro kemanusiaan, seperti melawan elite penguasa yang menindas dan lalim. Hal ini yang kemudian dapat dinilai sebagai suara kenabian untuk sebuah revolusi. Suara yang mereka bawa juga serupa dengan kebenaran Injil, yaitu melakukan pembebasan kepada yang tertindas, sama seperti halnya yang dilakukan oleh para nabi terdahulu. Lagu yang diangkat dalam tulisan ini kemudian ditinjau dengan model kenabian dari Niels Christian Hvidt, kemudian menghasilkan nilai-nilai teologi yang terkandung dalam lagu-lagu tersebut. Nilai-nilai teologi tersebut yang kemudian menjadi pijakan dalam rangka berteologi dalam konteks krisis kemanusiaan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Indonesia, musik indie, krisis kemanusiaan, suara kenabian, edifying, doing theology.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms octa antarani-resign
Date Deposited: 02 Dec 2019 04:00
Last Modified: 11 Jun 2021 02:58
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item