PERANCANGAN DAN PENATAAN KAWASAN PUSAT KOTA WAIBAKUL DI SUMBA TENGAH-NTT, DENGAN RANCANGAN BANGUNAN ARSITEKTUR TOURISM CENTER

61120020, Umbu Donnart Tarambani (2019) PERANCANGAN DAN PENATAAN KAWASAN PUSAT KOTA WAIBAKUL DI SUMBA TENGAH-NTT, DENGAN RANCANGAN BANGUNAN ARSITEKTUR TOURISM CENTER. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Arsitek)
61120020_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (37MB)
[img] Text (Skripsi Arsitek)
61120020_bab2-sd-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya dalam mewujudkan identitas daerah ditunjukan melalui perkembangan perkotaan, yang merupakan sebuah fenomena yang ada dalam bagian suatu wilayah masyarakat karena dari kawasan perkotaan itu tumbuh kehidupan. Setiap kota memiliki jati diri atau cirinya masing‐masing antara masyarakat dan lingkungan (fisik) kotanya. Kebudayaan masyarakatnyalah yang menjadi jiwa dan karakter kota itu, serta aspek lingkungan (fisik) akan menjadi raganya. Untuk itu, mengenal sesuatu maka harus diketahui identitasnya terlebih dahulu. Sama halnya dengan perkembangan suatu kota tidak akan pernah lepas dari identitasnya sebagai paradigma kota itu sendiri. Waibakul sebagai ibukota Kabupaten Sumba Tengah, saat ini berada dalam tahap perkembangan kawasan secara fisik. Namanya ibukota, Waibakul tentu mempengaruhi letak keberadaan sebagai pusat kota di Sumba Tengah, dikarenakan perkembangan kota yang semakin laju berakibat pada tekanan pembangunan fisik kota. Dengan kata lain dimana ada kota maka juga ada perkembangannya didalamnya Uniknya, Kota Waibakul terletak di antara perkampungan adat (Kampung Adat) yang jaraknya sangat dekat, sehingga nilai kekolakan kota ini sangat kaya, sehingga di perlukan pembangunan dan penataan untuk mewujudkan kota yang tetap seimbang dan harmoni dengan kawasan di sekitarnya. Perancangan dan Penataan Kawasan Pusat Kota Waibakul bertujuan untuk mendukung dan mempermudah perkampungan adat di sekitarnya, sehingga dapat menaikkan nilai kelokalan pada kawasan dengan pembangunan pusat informasi wisata (Tourims Center) sebagai sarana prasarana wisata budaya maupun alam. Tourism Center di maksudkan dalam pembangunan dan pembentukan ekonomi khusus dan terpadu berfokus pada peningkatan perekonomian yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. Penataan Kawasan merupakan wujud dalam menyiapkan kawasan yang memiliki potensi dan keunggulan khususnya kampung adat menjadi daya center utama dalam melakukan penataan dan perancangan dengan konsep kawasan cepat tubuh untuk mendorong percepatan pertumbuhan dan perkembangan kedepannya. Oleh karena itu, Kawasan Cepat Tumbuh di kota Waibakul salah satunya adalah pariwisata perkampungan adat yang megalitik. Tourism Center menjadi solusi dalam kegiatan dan pergerakan untuk memacu wilayah di sekitarnya dapat berkembang dan akan berdampak pada penataan pusat pusat atau zona agar dapat tumbuh bersama demi terciptanya pemerataan pembangunan yang seimbang dan harmoni antara kota dan perkampungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kota, Kampung Adat, Perancangan, Penataan, Tourism Center
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Arsitektur
Depositing User: ms anggel dolonseda - keluar
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:03
Last Modified: 14 Jun 2021 01:40
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item