PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN PADA PENULISAN NOTASI ANGKA

71140061, Arthur Heruan Adipradana (2020) PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN PADA PENULISAN NOTASI ANGKA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71140061_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (453kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71140061_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Umat Kristiani senantiasa menggunakan seni musik dalam kegiatan peribadatannya. Seni musik gereja merupakan hal yang selalu diperhatikan oleh para pelayan dan petinggi gerejawi demi kelancaran dan kekhusyukan ibadah. Dengan berkembangnya teknologi, dalam ibadah saat ini sering dijumpai tata ibadah dan lagu-lagu yang dimuat dalam tayangan multimedia yang dimuat dalam perangkat lunak seperti Easy Worship atau Microsoft Power Point. Maka permintaan merubah buku lagu menjadi digital pun semakin meningkat. Saat ini ada banyak cara untuk memberikan metode pengajaran yang dapat dimengerti secara mudah dan cepat. Namun dengan pemahaman orang yang berbeda-beda maka pendekatan metode pembelajaran yang diperlukan orang-orang untuk memahami sebuah materi ajar juga berbeda-beda. Penulis, melalui tugas akhir ini, hendak menghadirkan sebuah media tutorial berbasis teks, multimedia dan interactive learning tentang penulisan notasi angka yang dimuat dalam web dan akan melakukan penelitian guna menentukan metode mana yang paling baik dalam memberikan pengajaran penulisan notasi angka. Dari hasil penelitian yang dilakukan metode text based memiliki rata-rata paling rendah dengan rata-rata berkurangnya waktu penulisan sebesar 254,5 detik dan penurunan tingkat kesalahan penulisan karakter sebesar 2,6 karakter. Metode multimedia memiliki rata-rata berkurangnya waktu penulisan notasi angka sebesar 283,58 detik dan penurunan tingkat kesalahan penulisan sebesar 3 karakter. Metode interactive learning adalah metode pembelajaran yang paling baik dalam pengajaran penulisan notasi angka. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata paling besar berkurangnya waktu penulisan notasi angka yang sebesar 378,42 detik serta penurunan tingkat kesalahan penulisan sebesar 3,83 karakter.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, text based, multimedia, interactive learning, seni musik, not angka
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms Mika Sirait-Resign
Date Deposited: 08 Jun 2020 13:01
Last Modified: 10 Jun 2021 02:03
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2431

Actions (login required)

View Item View Item