PENERAPAN VISUALISASI INFORMASI DASHBOARD UNTUK REPRESENTASI KEY PERFORMANCE INDICATOR KEGIATAN PERKULIAHAN

71150123, Yudhistira Audri Pranata (2020) PENERAPAN VISUALISASI INFORMASI DASHBOARD UNTUK REPRESENTASI KEY PERFORMANCE INDICATOR KEGIATAN PERKULIAHAN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71150123_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71150123_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Universitas perlu melakukan monitoring dan reporting untuk menganalisis proses bisnis yang terjadi di dalamnya. Prodi Informatika UKDW memerlukan sistem dashboard kegiatan perkuliahan untuk mengetahui, menganalisis, dan mengambil keputusan. Diperlukannya dashboard kegiatan perkuliahan karena terdapat beberapa masalah yang terjadi, seperti database yang belum terintegrasi secara baik, belum ada media yang digunakan untuk menganalisis serta pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat, masih menggunakan laporan dalam bentuk kertas kerja, dan lain sebagainya. Terdapat lima key performance indicator dalam membangun sistem dashboard kegiatan perkuliahan. Lima indikator tersebut adalah rata-rata kehadiran di setiap kelas, rata-rata pengambilan mata kuliah di setiap angkatan, rata-rata nilai di setiap kelas, rata-rata ipk yang memiliki presensi di bawah 75%, dan jumlah mata kuliah yang di ambil dengan presensi di bawah 75%. Metode yang digunakan adalah user centered design (UCD). Setelah membangun sistem dashboard kegiatan perkuliahan maka dilakukan pengujian task success dan kuesioner SUS. Setelah mendapatkan hasil dari pengujian task success dan kuesioner SUS maka dilakukan perhitungan combined metrics. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu didapatkan hasil perhitungan task success iterasi pertama sebesar 92%, hasil perhitungan task success iterasi kedua sebesar 94%, hasil perhitungan kuesioner SUS iterasi kedua sebesar 70, dan hasil perhitungan combined metrics sebesar 82. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dari iterasi pertama ke iterasi kedua pada task success mengalami peningkatan sebanyak +2%, sistem dashboard dapat diterima (acceptable) dan mendapatkan grade C dengan rating good. Mengacu pada hasil pengujian, metode user centered design sesuai untuk merancang dashboard sehingga dapat berpusat pada kebutuhan pengguna dalam mengetahui, menganalisis, dan mengambil keputusan yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Dashboard, Visualisasi, KPI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Alfina Febri-resign
Date Deposited: 28 May 2020 05:16
Last Modified: 10 Jun 2021 02:21
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2397

Actions (login required)

View Item View Item