ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS PADA OBYEK WISATA ALUN-ALUN KIDUL YOGYAKARTA)

11150117, Epa Froditus (2020) ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS PADA OBYEK WISATA ALUN-ALUN KIDUL YOGYAKARTA). Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11150117_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11150117_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari daya tarik wisata, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung obyek wisata Alun-alun Kidul Yogyakarta. Populasinya adalah seluruh pengunjung Alun-alun Kidul dan teknik sampel menggunakan porposive sampel atau konsumen yang kebetulan ketemu dengan peneliti, dan jumlah respondennya sebanyak 100 orang. Hasil uji instrumen daya tarik wisata , dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di obyek wisata Alun-alun Kidul Yogyakarta semuanya valid dan relliabel. Sedangkan hasil uji hipotesis, Hasil analisis regresi linier berganda menyatakan semakin manarik daya tarik wisata yang ditawarkan, dan semakin baik kualitas pelayanannya maka akan semakin meningkatkan kepuasan pengunjung. Sementara untuk hasil dari Uji Simultan (Uji F) mengindikasikan bahwa variabel daya tarik wisata dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap variabel kepuasan pengunjung. Hipotesis pada penelitian ini dengan pernyataan Ho3 ditolak dan Ha3 diterima. Sementara haasil uji T untuk varibel daya tarik wisata diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Maka Hipotesis pada penelitian ini dengan pernyataan Ho1 ditolak dan Ha1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa daya tarik wisata secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Sedangkan unuk variabel kualitas pelayanan diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Maka Hipotesis pada penelitian ini dengan pernyataan Ho2 ditolak dan Ha2 diterima maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Hasil Uji R2 (adjusted R2) menunjukkan bahwa kepuasan pengunjung terhadap obyek wisata Alun-alun Kidul di Yogyakarta dipengaruhi oleh daya tarik wisata dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang berada diluar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Wisata, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pengunjung
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: ms Mika Sirait-Resign
Date Deposited: 03 Jun 2020 12:11
Last Modified: 04 Jun 2021 06:58
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2379

Actions (login required)

View Item View Item