IMPLEMENTASI ALGORITMA ALPHA BETA PRUNING PADA GAME CHAIN REACTION

22094644, DIONYSIUS ADI NUGROHO (2015) IMPLEMENTASI ALGORITMA ALPHA BETA PRUNING PADA GAME CHAIN REACTION. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22094644_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22094644_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam permainan yang menggunakan strategi sebagai penyelesaian permainan umumnya terdapat suatu agen cerdas yang bertugas untuk menyelesaikan permainan. Permainan Chain Reaction merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang untuk menyelesaikan permainannya. Permainan Chain Reaction yang telah beredar di google play pada tahun 2014 hanya memfasilitasi mode permainan manusia melawan manusia untuk menyelesaikan permainannya. Karena hal itu penulis membangun permainan yang menggunakan agen cerdas sebagai lawan main dari manusia sekaligus menerapkan salah satu metode pohon pencarian yaitu alpha beta pruning kedalam suatu bentuk permainan. Pada Kesempatan kali ini penulis telah merancang permainan Chain Reaction yang menggunakan metode Alpha Beta Pruning sebagai agen cerdas sebagai lawan main manusia. Pada penelitian ini penulis meneliti tentang nilai heuristik yang dipakai untuk mengimplementasikan metode alpha beta pruning kedalam permainan Chain Reaction dengan beberapa variasi kedalaman pohon. Hasil dari implementasi algoritma Alpha Beta Pruning komputer dapat menentukan langkah terbaik yang dipilih dari berbagai kemungkinan langkah. Kedalaman juga berpengaruh untuk menghasilkan solusi yang memenangkan agen cerdas. Semakin dalam tingkat kedalaman pohon maka solusi yang dihasilkan semakin optimal, namun untuk mendapatkan solusi optimal tersebut dibutuhkan waktu pencarian yang lebih lama.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence, Agen Cerdas, Alpha Beta Pruning, Minimax, Heuristik , Chain Reaction
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 05 Jun 2020 02:27
Last Modified: 05 Jun 2020 02:33
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item