22084626, MEINARDUS PURNAMA P MARUNG (2015) EVALUASI USABILITY PADA APLIKASI PERMAINAN TANGRAM. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Informatika)
22084626_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (4MB) |
|
Text (Skripsi Informatika)
22084626_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Laju perkembangan teknologi sekarang ini semakin sulit dihindari. Hampir setiap hari berbagai karya dihasilkan oleh banyak inovator yang berkecimpung dunia teknologi informasi. Untuk dapat menghasilkan sebuah aplikasi perangkat lunak (software) dalam dunia komputer perlu melewati berbagai tahapan pengujian sebelum aplikasi tersebut dapat digunakan oleh pengguna (end user). Semakin baik tahap pengujiannya maka semakin besar pula peluang aplikasi tersebut bermanfaat untuk kepentingan pengguna. Salah satu tahapan pengujian dalam pembuatan perangkat lunak adalah usability testing. Sebuah pengujian untuk mengetahui seberapa besar sebuah aplikasi dapat digunakan oleh pengguna. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah aplikasi permainan berdasarkan konsep bangun datar dalam ilmu matematika tingkat sekolah dasar. Sebuah konsep permainan Cina kuno yaitu permainan tangram akan dibuat dalam bentuk aplikasi permaianan yang kemudian dilakukan pengujian pada anak kelas 3 (tiga) sekolah dasar. Pengujian tersebut dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi usability yaitu pengukuran aplikasi berdasarkan tingkat kegunaannya dari 4 (empat) faktor yaitu kegunaan sistem (usefulness), kemudahan sistem (ease of use), kemudahan belajar sistem (ease of learning) dan kepuasan pengguna (satisfaction). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 partisipan, didapatkan 88.89 % partisipan setuju aplikasi ini berguna (usefulness), 86.87 % mudah digunakan (ease of use), 92.22 % mudah dipelajari (ease of learning) dan 91.11 % partisipan merasa puas dengan aplikasi ini.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tangram, Bangun datar, Usability Testing, Task Succes, Task Time |
Subjects: | Q Ilmu Pengetahuan > Matematika Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika |
Depositing User: | Mr Brayen Samuel Paendong |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 03:12 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 03:12 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2358 |
Actions (login required)
View Item |