ANALISIS PENDANAAN JANGKA PENDEK DAN JANGKA PANJANG UNTUK EKSPANSI USAHA (STUDI KASUS PADA PT KIMIA FARMA TBK TAHUN 2009-2017)

12140037, Vinsensia Rahady (2019) ANALISIS PENDANAAN JANGKA PENDEK DAN JANGKA PANJANG UNTUK EKSPANSI USAHA (STUDI KASUS PADA PT KIMIA FARMA TBK TAHUN 2009-2017). Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12140037_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf - Published Version

Download (517kB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12140037_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ekspansi usaha merupakan salah satu bentuk investasi yang dapat dilakukan dengan menambah kapasitas produksi yang sudah ada guna memperluas pangsa pasar suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendanaan jangka pendek dan jangka panjang PT Kimia Farma untuk mendanai investasi jangka pendek maupun jangka panjang dalam melakukan ekspansi usaha dan menyelesaikan masalah mismatching yang terjadi pada pendanaan PT Kimia Farma. Penelitian ini menggunakan metode analisis laporan keuangan yaitu menggunakan analisis rasio leverage dan rasio aktivitas untuk melihat proporsi atas penggunaan hutang dalam membiayai investasi perusahaan berdasarkan rasio-rasio yang digunakan. Penulis melakukan proyeksi investasi dan pendanaan dengan menggunakan metode common size dan trend analysis. Penulis melakukan perhitungan dan analisis berdasarkan prosedur analisis data menggunakan analisis mismatching, metode Cash Flow Analysis serta analisis rasio perputaran modal kerja. Hasil penelitian menunjukkan PT Kimia Farma sudah cukup mampu menggunakan modal kerja secara efektif dan efisien. Dalam rangka melakukan ekspansi usaha, PT Kimia Farma mengalami mismatching yang positif pada pendanaannya karena pendanaan jangka panjang perusahaan lebih besar daripada investasi jangka panjangnya demikian halnya terjadi pada pendanaan jangka pendek. Adanya mismatching pada pendanaan PT Kimia Farma menyebabkan arus kas (cash flow) perusahaan menjadi sangat besar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Ekspansi Usaha, Investasi, Pendanaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Mr Yoshua Dwi Oktavianus Putra - Keluar
Date Deposited: 10 Jun 2020 05:43
Last Modified: 17 Jun 2021 03:02
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item