PENGARUH RITEL MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MINIMARKET INDOMARET POINT: STUDI PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA

11120019, Matthew Defan Hadirianto (2016) PENGARUH RITEL MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MINIMARKET INDOMARET POINT: STUDI PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11120019_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (464kB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11120019_bab1-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern saat ini membuat kebutuhan dan keinginan manusia semakin bermacam-macam. Era yang modern ini memberikan dampak kehidupan manusia yang menjadi semakin lebih praktis, cepat, dan ekonomis. Hal ini memicu terjadinya pergeseran pola belanja masyarakat yang kini lebih suka berbelanja di toko ritel modern daripada pasar tradisional. Berbelanja di ritel modern masyarakat bisa mendapatkan kepraktisan dan kecepatan dalam berbelanja. Sehingga mengakibatkan meningkatnya bisnis ritel modern, tidak hanya dikota-kota besar tetapi juga dipinggiran kota sampai ke pelosok desa untuk memenuhi segala kebutuhan konsumen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey untuk mengetahui pengaruh bauran ritel terhadap keputusan pembelian di Minimarket Indomaret Point. Sampel yang digunakan dipilih dengan Random sampling dengan kriteria melakukan pembelian di Minimarket Indomaret Point di jalan Colombo kec Depok, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 100 orang. Profil responden tediri dari: Jenis Kelamin, Usia, Pengeluaran Per Bulan, Rata-Rata Frekuensi Dalam 1 Bulan, Tujuan Ke Indomaret Point. Pertanyaan tentang variabel tediri dari 32 pertanyaan yang berisi 6 variabel. Hasil Koefisien Regresi Y = 0.673+ 0.461X1 + 0.462X2 + 0.972X3+ 0.338X4+ 0.232 X5+ -1347X6 menunjukkan variabel Merchandise (0.461X1), Harga (0.462X2), Lokasi (0.972X3), Retail Service (0.338X4), Promosi (0.232 X5), Store Atmosphere (- 1347X6 ) maka dapat di tarik kesimpulan bahwa dari masing-masing variabel hanya 1 variabel yang bernilai negatif yaitu variable Store Atmosphere dan sisanya berpengaruh terhadap variabel keputusan Pembelian (Y). Nilai Adjuster R Square (Koefisen Determinasi) sebesar 0,909 atau 90,9% artinya variabel Merchandise, Price, Place, Retail Promoton, Promotion, Store Atmosphere mempengaruhi keputusan pembelian 90,9%. Sisanya sebesar 9.1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketing mix atau bauran pemasaran terdiri dari variabel Merchandise, Harga, Lokasi, Retail Service, Promosi, dan Store Atmosphere secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Minimarket Indomaret Point di jalan Colombo kec Depok, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Ritel Mix, Keputusan Pembelian, Konsumen Mahasiswa
Subjects: H Ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
H Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > Perdagangan
H Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Mr Yoshua Dwi Oktavianus Putra
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:14
Last Modified: 29 Sep 2021 03:14
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2184

Actions (login required)

View Item View Item