ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL SPAREPART PONSEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE COST PLUS PRICING DAN TARGET COSTING DI CLICK! X-TREME YOGYAKARTA

12120017, YULIANA (2016) ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL SPAREPART PONSEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE COST PLUS PRICING DAN TARGET COSTING DI CLICK! X-TREME YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12120017_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (718kB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12120017_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Harga merupakan salah satu faktor yang memegang peranan yang cukup penting dalam menentukan keberhasilan dan perkembangan suatu usaha baik itu usaha jasa maupun dagang. Penentuan harga jual suatu produk sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan atau jumlah pembeli dan pendapatan perusahaan. Jika harga jual yang ditentukan terlalu tinggi maka, hal tersebut akan berdampak negatif pada menurunnya jumlah penjualan serta pendapatan (laba) yang diperoleh perusahaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian statistik deskriptif dengan menggunakan 225 sampel dari 5 merk produk antara lain Apple, Samsung, Blackberry, Asus, dan Sony yang bertujuan untuk menganalisis perbandingan harga jual toko saat ini dengan metode Cost Plus Pricing, perbandingan total biaya (harga pokok) dengan target biaya pasar, serta besarnya potensi laba yang dapat diperoleh jika menggunakan target biaya pasar pada Toko Click! X-Treme. Hasil persentase dari perbandingan harga jual toko saat ini dengan harga jual Cost Plus Pricing untuk produk – produk sparepart yang berada lebih dari harga jual Cost Plus Pricing yakni sebesar 33% hingga 80%. Sedangkan, untuk produk – produk sparepart yang berada kurang dari harga jual Cost Plus Pricing yakni sebesar 20% hingga 67%. Selain itu, hasil perbandingan antara total biaya dengan target biaya pasar untuk seluruh total biaya masing – masing sparepart masih berada dibawah target biaya pasar dan potensi laba yang dapat diperoleh jika menggunakan target biaya pasar dengan nilai minimum sebesar 6% yang terdapat pada full set (TC+LCD), nilai maximum sebesar 410% yang terdapat pada switch on/off, serta nilai mean sebesar 173% adalah lebih dari 50% nilai persentase selisih target biaya tertinggi berada di atas nilai mean. Sedangkan, keseluruhan untuk nilai persentase selisih target biaya terendah berada dibawah nilai mean.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Cost Plus Pricing, harga jual, target biaya pasar.
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > HF Perdagangan
H Ilmu Sosial > HG Keuangan
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: ms Dominggas Yembise
Date Deposited: 07 Oct 2020 04:12
Last Modified: 07 Oct 2020 04:12
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2140

Actions (login required)

View Item View Item