PERANCANGAN DASHBOARD UNTUK MENINGKATKAN USABILITAS DALAM MEMANTAU PELANGGARAN LISTRIK PELANGGAN (STUDI KASUS: PT.PLN (PERSERO) AREA PALANGKARAYA)

71130081, Chossy Pratama (2019) PERANCANGAN DASHBOARD UNTUK MENINGKATKAN USABILITAS DALAM MEMANTAU PELANGGARAN LISTRIK PELANGGAN (STUDI KASUS: PT.PLN (PERSERO) AREA PALANGKARAYA). Bachelor thesis, Univeristas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71130081_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (753kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71130081_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

PLN Palangkaraya memiliki banyak kendala saat mendistribusikan listrik, salah satunya adalah pencurian listrik. Pengendalian pelanggaran listrik selalu dilakukan oleh PLN Palangkaraya, namun mereka masih menggunakan cara manual, yaitu mencatat dan mengecek dengan data excel untuk menindaklanjuti dan memantau pelanggan yang dicurigai. Maka penulis mencoba merancang sebuah dashboard yang usable agar PLN Palangkaraya dapat lebih efisien dalam menindaklanjuti dan memantau pelanggan yang dicurigai dibandingkan menggunakan data excel. Perancangan dashboard ini menggunakan metode prototyping. Kemudian prototype ini diujikan dengan menggunakan usability testing, yaitu time on task dan task success. Lalu hasil usability testing dari data excel dan dashboard dibandingkan untuk melihat apakah penggunaan aplikasi dashboard lebih baik dibandingkan dengan data excel. Selain itu penulis juga memberikan kuesioner SUS (System Usability Scale) untuk mengetahui apakah sistem yang dibuat telah usable atau tidak. Berdasarkan hasil perancangan prototype dan pengujian yang dilakukan, terjadi peningkatan keberhasilan pada grup A sebesar 2% dan grup B sebesar 28%, dan juga waktu yang dibutuhkan grup A berkurang 12 detik dan grup B berkurang 27 detik. Dapat disimpulkan perancangan dashboards ini mampu meningkatkan efisiensi dan lebih memudahkan pemantauan pelanggaran dibandingkan data excel.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Dashboard, Prototyping, Usability, Usability testing, system usability scale (SUS).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Users 20 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2021 01:45
Last Modified: 11 Jun 2021 01:45
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item