PENGARUH KONSEVATISME TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT SEBELUM DAN SESUDAH KONVERGENSI IFRS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA

12120014, MELLISA LASTIUR SIAHAAN (2016) PENGARUH KONSEVATISME TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT SEBELUM DAN SESUDAH KONVERGENSI IFRS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12120014_bab1_bab4_lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12120014_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Informasi pengumuman laba adalah pesan yang disampaikan manajemen kepada investor untuk dipakai dalam mengambil keputusan. Reaksi yang ditunjukkan investor terhadap laba dapat berbeda-beda sesuai dengan jumlah informasi yang disediakan pasar. Kuatnya respon pasar terhadap informasi laba terlihat dari tingginya earnings response coefficient (ERC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konservatisme terhadap earning response coefficient sebelum dan sesudah konvergensi IFRS. Penelitian ini menggunakan sampel data manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008-2015. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Jumlah perusahaan dari penelitian ini adalah sebanyak 80 perusahaan tiap tahun. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah konservatisme tidak berpengaruh pada earning response coefficient sebelum konvergensi IFRS, tetapi berpengaruh negatif pada setelah konvergensi IFRS. Hasil juga menemukan pengaruh konservatisme setelah konvergensi IFRS lebih tinggi daripada sebelum konvergensi IFRS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: earnings response coefficient, ERC, konservatisme, konvergensi IFRS.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:52
Last Modified: 28 Jan 2020 03:52
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item