PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA TEBING BREKSI YOGYAKARTA

11120079, Hamonangan Daniel Simaremare (2019) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA TEBING BREKSI YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (skripsi manajemen)
11120079_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (529kB)
[img] Text (skripsi manajemen)
11120079_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy

Abstract

Setiap Objek Wisata pasti akan melakukan berbagai macam upaya untuk memberikan kepuasan kepada para pelanggannya. Salah satu hal yang dapat dilakukan Objek wisata dalam kepuasan pengunjung adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat sesuai dengan ekspetasi atau harapan dari para pengunjung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh dimensi variabel kualitas pelayanan yang meliputi keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), dan bukti fisik (tangible) terhadap kepuasan pengunjung Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah penyebaran kuesioner dengan kriteria responden yang dipilih adalah seluruh pengunjung Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta yang dalam 6 bulan terakhir pernah berkunjung ke Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil sebagai responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat lima hipotesis sebagai berikut : pertama, keandalan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Kedua, daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Ketiga, jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Keempat, empati tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Kelima, bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel keandalan dan empati secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Sedangkan variabel lainnya yaitu daya tanggap, jaminan, dan bukti fisik secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Koefisien determinasi (Adjusted R2) penelitian ini sebesar 0,572. Hal ini berarti 57,2% kepuasan pengunjung Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta dipengaruhi oleh variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik, sedangkan sisanya 42,8% dipengaruhi oleh variabel – variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisik, dan kepuasan pengunjung Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: ms maria sema - keluar
Date Deposited: 28 Jan 2020 01:33
Last Modified: 18 Jun 2021 01:58
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item