DOA SEBAGAI RELASI PERSAHABATAN YANG JUJUR. PANDANGAN MAHASISWA FAKULTAS TEOLOGI UKDW YOGYAKARTA TENTANG DOA DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN PHILIP YANCEY DAN WILLIAM A. BARRY

01140044, Sandra Anindita Sitohang (2019) DOA SEBAGAI RELASI PERSAHABATAN YANG JUJUR. PANDANGAN MAHASISWA FAKULTAS TEOLOGI UKDW YOGYAKARTA TENTANG DOA DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN PHILIP YANCEY DAN WILLIAM A. BARRY. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (skripsi teologi)
01140044_bab1_bab4_daftarpustaka.pdf

Download (757kB)
[img] Text (skripsi teologi)
01140044_bab2-sd-bab3_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Banyak tokoh yang menulis tentang doa termasuk Philip Yancey dan William A. Barry. Yancey dalam bukunya “Doa” dan Barry dalam bukunya yang berjudul “Berdoa dengan Jujur”. Bagi Yancey, doa terjadi dengan cara sederhana dapat membuat manusia lebih dekat dengan Allah yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Doa adalah tempat untuk manusia bertemu dengan Allah. Sedangkan, dalam pandangan Barry terdapat pemaknaan bahwa dengan berdoa kita dapat membangun relasi persahabatan yang jujur bersama Allah. Selain itu, dia juga menawarkan sepuluh hal yang bisa mempererat jalinan persahabatan tersebut agar menjadi lebih transparan satu sama lain. Sepuluh hal tersebut adalah mengungkapkan ketertarikan untuk menjadi sahabat Allah, mengungkapkan ketakutan, keberhasilan, kesedihan, kepicikan, kemarahan, seksualitas, dosa-dosa, ketidaksetujuan terhadap Allah dan syukur. Begitu juga dengan mahasiswa fakultas teologi UKDW Yogyakarta yang, kita menemukan berbagai pandangan mengenai doa dan cara berdoa yang berbeda, serta kejujuran dari para mahasiswa untuk mengutarakan kesepuluh hal yang dipaparkan oleh Barry tersebut. Maka, penulis akan menggali informasi dari para mahasiswa (informan) dengan cara melakukan penelitian kualitatif yang mendalam. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui apa makna doa bagi mahasiswa fakultas teologi serta bagaimana mahasiswa dapat membangun persahabatan yang jujur sesuai dengan sepuluh hal yang ditawarkan oleh Barry.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Doa, Philip Yancey, William A. Barry, persahabatan, kejujuran, mahasiswa teologi UKDW Yogyakarta
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms maria sema - keluar
Date Deposited: 26 Nov 2019 06:16
Last Modified: 26 Nov 2019 06:16
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item