MENDIALOGKAN KEKRISTENAN DI SUKU BOTI DAN HALAIKA; UPAYA BERTEOLOGI SECARA KONTEKSTUAL

01140024, Nelly Agustin Pehiadang (2019) MENDIALOGKAN KEKRISTENAN DI SUKU BOTI DAN HALAIKA; UPAYA BERTEOLOGI SECARA KONTEKSTUAL. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Teologi)
01140024_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (499kB)
[img] Text (Skripsi Teologi)
01140024_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy

Abstract

Suku Boti adalah salah satu suku besar sekaligus tertua yang masih hidup di daratan Pulau Timor-Nusa Tenggara Timur. Suku Boti terbagi menjadi dua bagian yaitu suku Boti yang masih memeluk agama Halaika serta meneruskan tradisi adat-istiadat dari nenek moyang mereka dan suku Boti yang sudah memeluk agama Kristen Protestan tetapi juga memiliki latar belakang pernah memeluk agama Halaika. Masyarakat Kristen di Boti yang masih memiliki latar belakang pernah memeluk agama Halaika masih terpengaruh dengan pola pikir dan konsep kehidupan. Selain itu, mereka memiliki dua sisi kehidupan yang saling bertolakbelakang, satu sisi kehidupan mereka masih sangat kental dengan tradisi dan adat istiadat dari suku Boti tetapi di satu sisi banyak nilai-nilai dalam Halaika yang tidak sesuai dengan apa yang ada di dalam kekristenan. Keadaan ini menjadi sebuah tantangan bagi gereja dan masyarakat Kristen di Boti untuk berdialog bersama dengan budaya dan tradisi yang ada di sekitar mereka sehingga gereja yang ada di Boti ditantang untuk menghadirkan dan membangun teologi yang kontekstual dan autentik bagi kekristenan di Boti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Suku Boti, Halaika, Kekristenan, Gereja, Tradisi, Uis Neno dan Uis Pah, Yesus, Teologi Kontekstual, Teologi Lokal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Teologi > Teologi
Depositing User: ms maria sema - keluar
Date Deposited: 26 Nov 2019 05:56
Last Modified: 11 Jun 2021 04:02
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item